Bisnise

Info Seputar Bisnis dan Kerja

28/03/17

Kendala Saat Memulai Bisnis Online Serta Solusi Terbaiknya

Kendala Saat Memulai Bisnis Online Serta Solusi Terbaiknya_Dalam memulai sebuah bisnis, apapun itu bentuk bisnisnya, yang namanya kendala pastinya ada. Bukan hanya usaha yang baru di mulai, melainkan usaha yang sudah jalan juga sering kali mengalami kendala. Lantas kendala apa yang sering terjadi pada mereka yang baru memulai bisnisnya? Dan bagaimana solusi terbaik mengatasi hal tersebut?
Kendala Saat Memulai Bisnis Online Serta Solusi Terbaiknya

3 Kendala Saat Memulai Bisnis Online Serta Solusinya

1. Tidak berfokus pada satu bisnis
Kendala kedua diawal memulai bisnis online adalah karena tidak fokus pada satu bisnis yang sedang dikerjakan. Memang benar menurut beberapa pakar bisnis, sebagian besar manusia cenderung tidak fokus dengan apa yang sedang dikerjalan.

Sebagai contoh ketika teman Anda sukses dalam bidang usaha online berjualan baju, Anda akan tersugesti dan cenderung meniru dengan berjualan baju juga padahal Anda sedang mengerjakan usaha dibidang penjualan perlengkapan rumah tangga.

Faktor tidak berfokus pada satu bisnis ini, akan membuat Anda dirugikan dengan waktu dan juga pemikiran yang berdampak sulit majunya usaha online Anda.

Solusinya adalah dengan hanya berfokus pada satu bidang usaha saja. Dan yakinlah bahwa semua yang terjadi sudah diatur oleh tuhan termasuk rejeki Anda. Dengan berfokus pada apa yang sedang Anda kerjakan pastinya hasil dari kerja keras Anda dalam berbisnis online akan cepat terlihat.

2. Kurangnya ilmu pengetahuan
Dalam berbisnis, yang namanya pengetahuan tentunya menjadi syarat utama yang perlu diperhatikan sebelum membuka usaha. Khusunya dalam bisnis online yang melibatkan teknologi, pebisnis bidang ini harus mempunyai pengetahuan yang memadai.

Namun sering kali pebisnis bidang online ini terburu-buru dalam memulai bisnisnya dan enggan untuk belajar teknologi terbaru. Dan hasilnya adalah lesunya penjualan karena pengetahuan yang kurang.

Bagaimana dengan solusinya? Tidak ada solusi lain selain harus belajar. Belajar yang dimaksud adalah mempelajari ilmu-ilmu pengetahuan untuk bisnis online. Ilmu-ilmu tersebut bisa Anda dapatkan gratis di internet. Bisa juga dengan mengikuti seminar-seminar tentang bisnis online.

Selain itu, ilmu berbisnis online bisa juga Anda dapatkan dari buku-buku best seller tentang berbisnis online yang banyak dijual di toko buku. Tanpa mau belajar, ilmu pengetahuan tidak bisa didapat begitu saja.

3. Sifat pemalas
Selain tidak fokus pada satu usaha, sifat pemalas sering kali menjadi kendala dalam memulai bisnis online. Tidak bisa dipungkiri, sifat malas selalu ada di dalam diri setiap orang. Namun bagi pebisnis apalagi yang pemula sudah seharusnya menjauhkan diri dari sifat pemalas.

Munculnya sifat pemalas pada pemula usaha online sangat beragam misalnya belum mendapatkan pendapatan sama sekali, pendapatkan yang tidak meningkat, atau bisa juga karena menjalankan bisnis online yang setengah-setengah. Padahal beberapa orang yang membuka usaha dibidang bisnis online akan mencapai penghasilan stabil setelah 6-12 bulan perjalanan bisnis. Tentunya dengan kerja keras dan konsisten tinggi.

Bagaimana solusi untuk menghindari sifat pemalas? Solusinya adalah dengan membuat goal atau tujuan hidup yang tinggi. Sebagai contoh target awal Anda dalam membuka bisnis online adalah untuk membeli sebuah rumah dalam waktu 3 tahun ke depan. Maka dengan selalu mengingat goal atau target Anda, secara otomatis akan mengurangi sifat pemalas yang ada dalam diri.
Saat sifat malas mulai datang, ingatlah selalu goal Anda. Jika perlu tempelkan dimana-dimana goal Anda tersebut agar mudah terlihat oleh Anda.

Banyak sekali kendala yang dihadapi oleh pemula bisnis online namun ketiga poin diatas merupakan kendala yang paling sering terjadi. Kendala apapun yang menghadang bisnis Anda, sudah seharusnya dihadapi agar bisnis online Anda bisa berjalan lancar dan tentunya dapat mencapai misi sesuai yang diinginkan.

 
Back To Top