Bisnise

Info Seputar Bisnis dan Kerja

18/02/17

Analisa Lengkap Peluang Bisnis Depot Air Minum Galon Isi Ulang

Analisa Lengkap Peluang Usaha Depot Air Minum Galon Isi Ulang_Bisnis air minum isi ulang kini semakin menjamur di mana-mana. Namun walau banyak pesaingnya, namun karena pangsa pasarnya luas, maka tentu usaha ini masih sangat layak untuk di geluti, dan mempunyai prospek yang bagus di masa depan. Oleh karenanya tak heran jika banyak yang sukses menggeluti bisnis yang kelihatan sepele ini.
Analisa Lengkap Peluang Bisnis Depot Air Minum Galon Isi Ulang

A. Jenis-Jenis Air Minum Isi Ulang
1. Bisnis Air Isi Ulang Biasa
Bisnis ini merupakan bisnis air minum yang dijual tanpa merek atau menggunakan merek sendiri yang belum begitu dikenal. Sehingga skalanya masih kecil.

2. Bisnis Air RO
Air RO adalah air reverse osmosis, jenis air minum ini adalah merupakan penyempurnaan dari air isi ulang biasa dengan menggunakan teknologi yang canggih.

3. Bisnis Air Mineral Bermerek
Contohnya adalah Aqua, Vit, Cleo dan lain sebagainya. Dengan bisnis model ini maka semua pengisian dan perawatan galon dilakukan oleh pabrik yang bersangkutan.
Nah di atas adalah beberapa contoh jenis bisnis air minum yang saat ini banyak di geluti. Dan untuk pembahasan yang akan kami kupas panjang lebar berikut ini, khusus hanya membahas yang nomer pertama, yaitu bisnis air isi ulang biasa.

B. Alasan Kenapa Bisnis Depot Air Minum Galon Isi Ulang Memiliki Prospek Cerah
1. Air minum merupakan kebutuhan utama bagi semua manusia di bumi setiap harinya, sehingga kebutuhan akan air minum akan selalu ada.

2. Semakin banyak munculnya kantor-kantor, pabrik maupun tempat kerja lain yang menyediakan air minum karena air minum merupakan kebutuhan wajib bagi para pekerja.

3. Air minum isi ulang dinilai sangat praktis sehingga tidak perlu memasak air lagi untuk kebutuhan minum sehari-hari, terutama bagi orang tua yang hanya memiliki sedikit waktu di rumah.

4. Air bersih kini semakin sulit ditemukan karena sumber air seperti air sumur, air tanah maupun air ledeng semakin banyak yang berbau, memiliki rasa aneh dan berwarna gelap sehingga tidak layak untuk dikonsumsi.

C. Langkah Awal Memulai Bisnis Depot Air Minum Galon Isi Ulang
1. Usahakan Mencari Lokasi Yang Tepat
Bisnis air minum isi ulang ini memiliki peluang yang bagus jika didirikan di daerah yang masyarakatnya mementingkan ketersediaan air minum bersih dengan harga yang murah. Sebagai contoh, daerah perkantoran maupun pabrik, pemukiman yang memiliki sedikit sumber air bersih, dan lain sebagainya.

2. Mengurus Perijinan
Biasanya penyedia depo air minum lah yang akan membantu pengurusan izin dari kementrian kesehatan. Namun jika Anda membeli peralatan secara pribadi maka Anda harus mengurusnya sendiri.

3. Bertanya Pada Yang Berpengalaman
Sebagai masukan sebelum menjalankan usaha ini ada baiknya jika Anda bertanya ke depo air minum terdekat yang ada di kota Anda. Dengan itu maka Anda dapat mengetahui secara pasti tentang semua hal yang dibutuhkan dan seperti apa nanti bisnis ini akan berjalan.

D. Analisa Modal Depot Air Minum Isi Ulang Galon
Modal yang dibutuhkan sangat bervariasi, tergantung pada spesifikasi yang Anda butuhkan atau berapa jumlah air galon yang Anda ingin hasilkan. Berikut adalah contoh analisa modal yang dibutuhkan untuk depot air minum isi ulang.

1. Modal Awal
  • Paket depo air minum lengkap:Rp 18.500.000
  • 75 galon ( 75 x 20.000 ): Rp 1.500.000
  • Kendaraan pegawai:  Rp 5.000.000
  • Total modal awal: Rp 25.000.000
2. Simulasi Penghasilan Perbulan
Hasil penjualan air = 40 x Rp. 4000 x 30 = Rp. 4.800.000.

3. Pengeluaran perbulan:
  • 2 pegawai:  Rp 1.200.000
  • Sewa tempat usaha: Rp 250.000
  • Tutup galon + tisu: Rp 180.000
  • Air bahan baku: Rp 720.000
  • Transport pegawai : Rp 70.000
  • Listrik: Rp  60.000
  • Total biaya: Rp 2.480.000
4. Penghitungan Keuntungan
  • Penghasilan perbulan: Rp 4.800.000
  • Biaya operasional perbulan: Rp 2.480.000
  • Total keuntungan perbulan: Rp 2.320.000
  • Total keuntungan pertahun: Rp 27.840..000
  • Waktu yang dibutuhkan untuk balik modal = Rp. 25.000.000/Rp. 2.320.000 perbulan = 10,8 bulan.
  • Persentase keuntungan = (keuntungan pertahun)/(modal) = Rp. 27.840.000/25.000.000 = 111%.
E. Tips Untuk Mengurangi Kebutuhan Modal
1. Menggunakan Rumah Sendiri
Jika memungkinkan Anda dapat menggunakan rumah Anda sendiri untuk membuka bisnis ini sehingga Anda tidak membutuhkan modal untuk menyewa tempat. Akan tetapi cara ini tidak perlu dipaksakan, apabila ada pilihan yang bagus dan tempat yang ramai untuk bisnis ini maka Anda disarankan untuk membuka bisnis di tempat ramai tersebut.

2. Gaji Pegawai
Anda dapat menggunakan sistem borongan untuk gaji pegawai Anda daripada menggunakan sistem gaji tetap. Dengan begitu maka gaji pegawai Anda tergantung pada jumlah produk yang mereka jual dan bukan dari lamanya jam kerja mereka. Namun selain itu disarankan untuk mereka tetap memiliki gaji tetap misalkan sebesar Rp. 300.000.

3. Mencari Paket Investasi Paling  Murah
Anda dapat mencari paket untuk membuka usaha depot air minum isi ulang yang ditawarkan oleh berbagai suplier. Dari situ Anda dapat melakukan survey tentang modal dan pemasukan yang paling menguntungkan bagi Anda.

4. Membeli Peralatan Bekas
Anda dapat mencari informasi tentang peralatan untuk membuka bisnis depot air minum isi ulang yang sedang dijual, dengan begitu harganya pasti akan jauh lebih murah. Akan tetapi perlu dipastikan juga bahwa peralatan tersebut masih layak untuk digunakan dan tidak akan mudah rusak dalam waktu dekat.

5. Memanfaatkan Barang Yang Ada
Seperti contohnya daripada Anda membeli motor lagi bagi pegawai Anda untuk mengantarkan air minum, lebih baik jika Anda menggunakan kendaraan Anda sendiri yang tersedia.

6. Mencari Partner Bisnis
Anda dapat mencari partner bisnis dimana Anda dapat membagi pengeluaran modal yang dibutuhkan akan tetapi Anda juga harus membagi keuntungan untuk bersama. Faktor penting untuk di ingat adalah Anda harus menemukan partner bisnis yang cocok dengan Anda, sehingga baik jalinan relasi maupun bisnis Anda dapat berkembang dengan pesat.

F. Kendala Dan Solusi Dalam Bisnis Depot Air Minum Galon Isi Ulang
1. Membangun Kepercayaan Konsumen
Setiap bisnis selalu memiliki kendala masing-masing, dalam bisnis depot air minum isi ulang kendala yang sering kali terjadi adalah membangun kepercayaan terhadap konsumen. Sehingga konsumen dapat percaya bahwa produk air minum ini aman untuk dikonsumsi. Jika ada masalah yang terjadi atau konsumen memberikan komplain atas air minumnya, maka sebaiknya dibicarakan baik-baik dan dicari solusinya. Selain itu juga penting untuk segera dicari sumber masalahnya dan ditangani. Karena kepercayaan konsumen merupakan salah satu faktor penting untuk bertahannya bisnis ini.

2. Suplier Air Bermasalah
Masalah lain yang sering muncul adalah suplier airnya yang tidak jujur dan mengambil sumber air dari sembarangan tempat. Sehingga kualitas dan sterilnya air tidak terjaga bahkan dapat menimbulkan sakit perut. Jelas ini akan menjadi masalah besar, akan tetapi cara mencegahnya adalah dengan perjanjian pada awal kontrak dengan sistem yang saling menguntungkan. Jika suplier masih bermain nakal maka sebaiknya diputus kontrak dan mencari suplier lain.

Demikian tentang Peluang Usaha/Bisnis Depot Air Minum Isi Ulang Galon. Semoga bermanfaat.

0 Komentar Analisa Lengkap Peluang Bisnis Depot Air Minum Galon Isi Ulang

Posting Komentar

Back To Top