Bisnise

Info Seputar Bisnis dan Kerja

11/02/17

Peluang Usaha Cuci Motor Salju yang Menguntungkan

Bagaimana Cara Membuka Usaha Cuci Motor?_Sebelum memulai usaha bisnis cucian motor salju, yakinlah bahwa Prospek Bisnis Cucian Sepeda Motor sangat bagus, walaupun saat ini sudah cukup banyak yang membuka usaha cucian motor. Hal ini dikarenakan setiap hari jumlah sepeda motor semakin banyak. Jadi, banyaknya pemilik sepeda motor di perkotaan maupun pedesaan, menjadikan peluang membuka usaha cuci motor semakin baik, karena kesibukan mereka yang kadang tidak punya waktu, sumber air di daerah mereka kurang layak untuk mencuci motor (misalnya karena airnya keruh, warna airnya kuning, dll), atau alasan karena mereka malas mencuci sendiri motornya membuat bisnis jasa pencucian motor sangat berpotensi menguntungkan dan layak untuk Anda jalankan.
Peluang Usaha Cuci Motor Salju yang Menguntungkan
Cuci Motor Salju

Nah, apabila Anda salah satu dari sekian banyak orang yang mulai mempertimbangkan untuk menekuni bisnis cucian motor, berikut ini kami akan bagikan informasi mengenai banyak hal seputar bisnis cuci motor. Tentang apa saja yang perlu di persiapkan, analisa bisnisnya hingga tips sukses menjalankan usaha pencucian motor.

A. Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memulai Membuka Bisnis Cuci Sepeda Motor
Ketika Anda menetapkan usaha cuci sepeda motor sebagai sebuah bisnis yang hendak Anda jalankan, maka, perhatikan beberapa point yang harus Anda siapkan/miliki agar usaha Anda berjalan sukses.

1. Memiliki Pengetahuan dan Keterampilan Mencuci Sepeda Motor
Ketika Anda hendak memulai bisnis usaha ini, maka setidaknya Anda harus memiliki pengetahuan tentang bisnis yang hendak Anda jalankan. Anda harus paham tentang standar kebersihan sepeda motor dan cara membersihkannya.

Beruntung jika Anda memang sebelumnya adalah orang yang sudah terbiasa rajin mencuci sepeda motor milik sendiri. Namun, jika tidak maka janganlah malu untuk belajar kepada ahlinya terlebih dahulu.

Selain pengetahuan tentang usaha yang hendak dijalani, Anda juga dituntut untuk memiliki keterampilan lainnya.

Keterampilan yang dimaksudkan di sini adalah keterampilan dalam membuat pembukuan sederhana, yang di dalamnya berisi pencatatan modal awal, biaya operasional bulanan, serta pencapaian yang nantinya dapat tercapai per bulannya.

Keterampilan akan hal ini nantinya akan bermanfaat dalam mengontrol keuangan usaha yang Anda jalankan.

2. Memiliki Modal
Ketika hendak menjalankan bisnis, Anda tentunya harus memiliki modal terutama modal niat dan tekad yang kuat. Adapun modal penting lainnya  meliputi modal tempat, modal uang untuk belanja peralatan usaha, serta modal untuk gaji karyawan.

a. Modal Tempat
Untuk modal tempat, akan lebih bagus jika rumah Anda memiliki garasi atau halaman yang dapat digunakan tempat untuk menjalankan bisnis Anda.

Hal itu dapat menghemat modal usaha karena tidak harus mengeluarkan dana untuk menyewa tempat. Namun jika tidak, maka Anda harus mengeluarkan biaya untuk sewa tempat.

Pertimbangkanlah luas tempat yang hendak Anda sewa. Setidaknya sewalah tempat yang mampu menampung 2-3 motor yang biasanya luas minimal tempatnya adalah 12 meter persegi. Biaya sewa untuk tempat dengan luas tersebut kurang lebih sekitar Rp. 5.000.000,- per tahun. Syukur bagi Anda bisa menemukan tempat dengan biaya sewa yang lebih murah.

b. Modal Peralatan
Ketika Anda hendak menjalankan usaha cuci motor, setidaknya Anda juga harus memiliki modal untuk membeli biaya peralatan yang nantinya akan Anda butuhkan untuk menjalankan usaha Anda.

Beberapa peralatan nantinya harus Anda miliki untuk menjalankan usaha ini yaitu: kompresor, mesin jet cleaner dan peralatan cuci motor (sabun, shampo,motor, sikat, kain lap/kanebo dan lain-lain)

c. Modal Tenaga Kerja
Untuk mengawali sebuah usaha Anda harus memiliki modal untuk membayar karyawan.

Hal ini dilakukan agar nantinya jika kondisi bisnis Anda ramai, konsumen Anda tidak akan kecewa karena harus menunggu waktu yang lama untuk menggunakan jasa pencucian sepeda motor di tempat Anda.

Untuk awal usaha Anda, setidaknya Anda membutuhkan 2-3 karyawan dimana salah satunya nanti bisa merangkap posisi sebagai admin yang menangani pembayaran jasa cuci sepeda motor.

B. Analisa Usaha Bisnis Cuci Sepeda Motor Salju
Peluang Usaha Cuci Motor Salju
Berikut ini adalah gambaran rancangan usaha bisnis Cuci sepeda motor, yang meliputi modal awal dan biaya operasional. Rancangan di bawah ini dibuat dengan mengasumsikan bahwa tempat yang digunakan untuk melakukan usaha adalah milik sendiri, sehingga tidak menganggarkan biaya untuk sewa tempat.

1. Modal Awal Bisnis Cuci Sepeda Motor
  • Kompresor Angin 1 pk: 1.500.000
  • Single post lift Motor 2 unit: 1.000.000
  • Mesin Jet Cleanser 80-110 bar 2 unit: 500.000
  • Mesin Salju dan selang 1 unit: 1.500.000
  • Lap Microfiber 2 pcs: 500.000
  • Sepatu boots 2 pcs: 400.000
  • Kanebo2 pcs: 100.000
  • Sarung tangan 2 pcs: 100.000
  • Ember, Spon, sikat, lap: 200.000
  • Selang Angin 10m, Kopler & Air duster: 500.000
  • Lain-lain/Cadangan: 500.000
  • TOTAL: 6.500.000
2. Biaya Operasional Usaha Cuci Motor
  • Clear Snow Shampoo: 800.000
  • Semir Poles Ban: 500.000
  • Isi ulang salju: 500.000
  • Air: 500.000
  • Listrik: 500.000
  • Gaji Karyawan 2 orang: 2.000.000
  • Lain-Lain: 250.000
  • TOTAL: 5.050.000
3. Omset yang dapat dicapai dalam waktu 1 bulan
Misal:
  • Ada 30 motor per hari yang menggunakan jasa cuci motor di tempat Anda selama 1 bulan
  • Jasa 1 motor di hargai 10.000
Total omset yang Anda dapatkan dalam kurun waktu 1 bulan = 30 motor x 10.000 x 30 hari = 9.000.000

4. Keuntungan 
Keuntungan yang Anda dapatkan = 9.000.000 – 5.050.000 = 3.950.000

C. Tips Sukses Usaha Cuci Sepeda Motor
Analisis usaha di atas diasumsikan bahwa jika setidaknya dalam sehari Anda dapat menggaet 1 pelanggan untuk menggunakan jasa Anda. Omset perkiraan di atas sangat mungkin bisa ditingkatkan jika Anda mengikuti beberapa tips berikut ini.

1. Menggunakan lokasi bisnis yang strategis
Lokasi yang strategis dapat menggaet lebih banyak pelanggan untuk menggunakan jasa Anda. Beberapa lokasi strategis yang mungkin dapat Anda pertimbangkan ketika menjalankan usaha ini yaitu di pinggiran jalan raya yang cenderung ramai dengan kendaraan bermotor, lokasi yang mudah dijangkau oleh pengendara sepeda motor, serta lokasi yang masih jarang terdapat usaha cuci motor namun berpotensi untuk ramai pengendara sepeda motor.

2. Menggunakan peralatan terbaik dan mengetahui cara mengoperasikannya secara maksimal.
Jika di awal menjalankan usaha cuci motor, mungkin hal ini belum menjadi prioritas karena terkendala modal yang cukup untuk bisa menyediakan peralatannya. Namun paling tidak peralatan yang Anda gunakan mampu memenuhi kebutuhan konsumen Anda. Semua kebutuhan yang menyangkut cuci sepeda motor harus ada sehingga tidak mengecewakan konsumen Anda.

Namun, jika usaha Anda semakin berkembang maka mulailah menabung untuk meningkatkan kualitas peralatan yang Anda miliki dan tentunya juga belajar mengetahuo cara mengoperasikannya dengan baik. Hal inilah yang nantinya bisa membuat konsumen Anda setia menggunakan jasa cuci sepeda motor di tempat Anda.

3. Meningkatkan kualitas pelayanan Anda
Ingatlah bahwa usaha Anda tidak akan menjadi besar tanpa adanya dukungan dari pelanggan setia Anda. Oleh karena itu untuk memuaskan mereka, berikanlah pelayanan yang maksimal.

Dengarkanlah keluhan mereka dan jangan ragu untuk meminta masukan dari mereka seputar kekurangan bisnis yang sedang Anda jalankan dengan memasang kotak saran di tempat Anda.

Bicarakanlah bersama karyawan Anda pencapaian bisnis Anda dan juga kekurangan bisnis Anda dalam kurun waktu tertentu yang telah disepakati secara rutin.

Hal ini untuk mengontrol kestabilan usaha Anda dan mengetahui apa saja yang telah terjadi dalam kurun waktu tersebut. Hal inilah yang nantinya dapat menjadi pertimbangan untuk memutuskan langkah bijak apa yang selanjutnya di ambil untuk mengembangkan usaha yang Anda jalani.

4. Meningkatkan promosi dengan berbagai media
Salah satu tips untuk mengenalkan usaha Anda kemudian menggaet pelanggan adalah dengan melakukan promosi. Promosi ini dapat dilakukan dengan berbagai cara, baik secara aktif maupun pasif. Promosi aktif dilakukan dengan menyebarkan brosur, atau pun selebaran. Promosi pasif bisa dilakukan dengan penyebaran lewat website atau media sosial yang kini sedang marak digandrungi berbagai kalangan, seperti facebook, twitter, atau pun instagram.

5. Tentukan Tarif Jasa Cuci Motor Salju 
Jasa atau ongkos cuci motor salju berkisar antara 8-12 ribu ( di desa), kalau di kota bisa anatara 10-17 ribu.

Anda bisa menentukan tarifnya dengan mempertimbangkan ongkos cuci motor salju di tempat lain. Sebaiknya Anda menyamakan saja tarifnya, karena kalau Anda pasang tarif lebih murah, maka berpotensi menimbulkan persaingan usaha kurang sehat.

Namun Anda bisa memikat calon pelanggan Anda dengan cara promo maupun kasih diskon. Misalnya: 10 kali cuci, gratis 1 kali. Selain itu, Anda bisa bersaing sehat dengan saingan usaha Anda, misalnya tarif harga tetap sama, namun Anda menyediakan teh manis gratis.

Demikian tentang beberapa poin yang harus Anda pelajari ketika Anda ingin menjalankan bisnis usaha cuci motor. Persiapkan dengan matang usaha yang hendak Anda jalani dan konsistenlah ketika bisnis tersebut sudah berjalan. Jangan mudah putus asa jika ada hambatan yang menimpa dan selalu yakinlah bahwa rizki sudah ada yang mengaturnya. Semoga berhasil.

Back To Top