Bisnise

Info Seputar Bisnis dan Kerja

24/02/17

Peluang Bisnis Cafe/Warung Kopi

Membuka Cafe Kopi di Perkotaan maupun Usaha Warung Kopi di Pedesaan memang Memiliki Prospek yang Cerah, mengapa demikian?, nah itu karena memang kopi memiliki tempat tersendiri di hati para penggemarnya. Penikmat kopi pun seakan tak pernah surut, justru semakin tahun semakin banyak penikmatnya, jika dulu kebiasaan minum kopi, identik dengan pria paruh baya bahkan kakek/simbah, namun saat ini justru anak remaja sudah begitu menggemari minuman ini, dan tak jarang para wanita pun sangat menikmatinya. Baca Khasiat Kopi Bagi Kesehatan
Cafe/Warung Kopi
Ini di dukung dengan makin banyaknya variasi produk kopi, yang terdiri dari berbagai rasa dan juga warnanya. Seperti misalnya produk white kopi yang saat ini makin populer di kalangan masyarakat, khusunya remaja. Berdasarkan kenyataan, mayoritas kafe/warung kopi terlihat laris manis baik di waktu pagi, siang, sore, maupun malam.

Nah melihat antusias dan animo masyarakat kita yang begitu menggemari kopi, maka membuka usaha atau bisnis cafe kopi merupakan pilihan yang mempunyai prospek cerah dan patut ditekuni.

Memang saat ini banyak sekali warung ataupun cafe kopi di hampir sudut perkampungan atau perkotaan.

Namun tentunya hal tersebut tak boleh membuat nyali Anda ciut. Anda harus yakin dengan trik dan strategi yang tepat usaha Anda akan berhasil di tengah ketatnya persaingan yang ada. Karena bagaimanapun juga bisnis di bidang ini pangsa pasarnya sangat luas, masih terbuka lebar jalan untuk sukses asalkan tekun, pantang menyerah dan selalu bekerja keras.

Dan sebaiknya Anda simak dan terapkan beberapa tips yang harus diperhatikan sebelum membukan usaha cafe kopi atau warung kopi berikut ini.

A. Tips Usaha Cafe/Warung Kopi

1. Lokasi Bisnis Cafe/Warung Kopi
Lokasi yang strategis dapat mendukung kelancaran bisnis yang Anda jalankan. Nah, beberapa lokasi cafe kopi yang cukup strategis untuk Anda pertimbangkan yaitu di pingir jalan, di dekat kawasan kampus, di dekat pusat perkantoran, atau pun di dekat pusat belanja.

2. Memiliki Wawasan Tentang Kopi
Wawasan tentang kopi juga memiliki peranan penting terhadap bisnis yang hendak Anda jalankan. Sebagaimana diketahui, semakin banyak pecinta kopi, semakin banyak pula penggila kopi yang bahkan belajar meracik kopi sendiri untuk menciptakan cita rasa terbaik dari kopi yang ingin dinikmatinya.

Di tambah lagi varian kopi pun juga banyak, misalnya kopi hitam, kopi susu dengan aneka rasanya, baik yang yang kopi instan maupun yang non isntan, biji kopi lokal maupun luar. Ya ya ya, lagi-lagi Anda harus menyediakan beberapa kopi sesuai dengan selera pelanggan Anda.

Nah wawasan tentang hal ini nanti lah yang dapat Anda kembangkan untuk menentukan daftar menu Andalan di cafe kopi Anda.

3. Temukan Supplier Bahan Baku Terbaik dan Terpercaya
Ketika Anda menjalankan sebuah usaha, peranan supplier sangat penting untuk menjaga kestabilan stok bahan baku yang Anda butuhkan untuk menjalankan cafe kopi Anda. Oleh karena itu, Anda harus bisa mencari dan menemukan supplier bahan baku terbaik dan yang dapat Anda percaya.

Yang perlu diingat dalam hal ini, jangan hanya menggantungkan bahan baku dari 1 supplier saja. Hal ini penting agar nantinya Anda tidak kesulitan jika ada bahan baku yang tidak Anda temukan pada supplier tersebut karena suplier utama Anda kehabisan stok.

4. Miliki Ciri Khas Menu Kopi Andalan
Meski nantinya, akan ada banyak daftar menu yang Anda sajikan, namun pastikan Anda memiliki menu Andalan yang dapat menjadi ciri khas cafe kopi yang Anda jalankan.

Menu Andalan cafe ini tentunya juga dengan mempertimbangkan target konsumen yang sekiranya akan sering berkunjung ke cafe Anda. Menu ini nantinya bisa Anda beri nama yang unik sehingga memudahkan pengunjung cafe Anda untuk mengingatnya.

5. Uruslah Perizinan Usaha Cafe Kopi
Perizinan usaha nantinya dapat memudahkan Anda untuk menjalankan bahkan mengembangkan bisnis yang Anda jalankan. Oleh karena itu, Anda perlu memikirkan untuk mengurus hal ini. Jika bisnis Anda adalah warung kopi di desa, tidak pakai izin usaha tidak masalah.

6. Memberikan Pelayanan Terbaik yang Memuaskan
Memberikan pelayanan terbaik yang dapat memuaskan konsumen Anda nantinya sangat membantu Anda dalam memberikan kesan yang baik dan memperlancar bisnis cafe yang Anda jalankan.

Hal ini dapat menjadi keunggulan dari cafe Anda dan bisa membuat pelanggan Anda untuk datang kembali ke cafe kopi Anda, bahkan hal positif lainnya, secara tidak langsung pelanggan Anda pun mungkin saja bisa menjadi ajang promo untuk menarik temannya sehingga datang mengunjungi cafe kopi Anda.

7. Melakukan Promosi Bisnis Cafe Kopi Anda
Untuk meningkatkan pasaran kopi Anda, Anda dapat mempromosikan bisnis kopi yang Anda jalankan. Promosi bisa dilakukan dengan cara pembagian brosur atau pun dengan memberikan informasi secara aktif di web maupun media sosial.

Hal ini dilakukan untuk mengenalkan bisnis cafe kopi yang Anda jalankan terhadap konsumen lain yang belum mengetahui bisnis cafe yang Anda jalankan.

8. Padukan dengan Jualan Aneka Gorengan
Membuka usaha warung khusus kopi, pada umumnya dipadukan dengan menyediakan aneka gorengan seperti pisang goreng, bakwan, tahu isi, dan tempe mendo. Hal ini penting karena para calon pembeli biasanya tertarik mampir di warung Anda untuk menikmati kopi dan juga aneka gorengan.

B. Analisis Usaha Bisnis Cafe Kopi
Sebelum Anda mulai menjalankan bisnis cafe kopi maka sebelumnya Anda harus merancang analisis usaha bisnis tersebut. Analisis Usaha tersebut meliputi biaya investasi peralatan bisnis cafe kopi, biaya bahan bakunya serta biaya operasionalnya dalam kurun waktu 1 bulan. Hal ini nantinya bermanfaat untuk membuat anggaran keuntungan yang bisa Anda peroleh nantinya.

1. Investasi Peralatan Bisnis Cafe Kopi
  • Cofee Vending Instan: 10.249.000
  • Proyektor: 439.000
  • TV: 1.300.000
  • Gerabah: 643.000
  • Meja dan Kursi: 5.400.000
  • Peralatan lain-lain: 448.000
  • TOTAL: 18.479.000
2. Biaya Bahan Baku Bisnis Cafe Kopi
  • Kopi Super: 1.500.000
  • Coklat: 480.000
  • Gula: 875.000
  • Kue: 55.000
  • Lain-Lain: 300.000
  • TOTAL: 3.210.000
3. Biaya Operasional Bisnis Cafe Kopi selama 1 Bulan
  • Biaya 3 Tenaga Kerja: 1.020.000
  • Biaya Sewa Tempat: 317.000
  • Biaya Lain-lain: 740.000
  • Biaya Air: 73.000
  • Biaya Listrik: 120.000
  • TOTAL: 2.270.000
Jadi total keseluruhan modal awal yang diperlukan untuk membuat bisnis cafe kopi ini adalah 18.479.000 + 3.210.000 + 2.270.000 = 23.959.000

Jika Anda mematok harga per cangkir kopi adalah Rp. 8.000,- dan di asumsikan dalam 1 bulan, perharinya ada 140 pengunjung yang datang untuk memesan kopi Anda, maka keuntungan yang Anda peroleh dalam 1 bulan adalah = 140 x 30 x 8000 = 33.600.000

Jika melihat angka di atas, tentunya tak perlu waktu yang lama untuk bisa balik modal. Namun tentunya hitungan di atas tidak bisa jadi patokan, karena mungkin saja bisa kurang atau bahkan bisa lebih besar dari asumsi di atas. Tergantung berapa banyak Anda bisa menjual kopi Anda.

0 Komentar Peluang Bisnis Cafe/Warung Kopi

Posting Komentar

Back To Top