Bisnise

Info Seputar Bisnis dan Kerja

03/12/16

Memanfaatkan Fitur Matched Content sebagai Pendongkrak Penghasilan Adsense

Memanfaatkan Fitur Matched Content  ( Konten yang Sesuai ) sebagai Pendongkrak Penghasilan Adsense-Sahabat publisher Google Adsense, sekitar 2 bulan lamanya saya tidak pernah mengecek dasbor Adsense pada menu pengelolaan situs otoritas. Karena hari kemarin ( 12 Januari 2016 ) saya bermaksud menambahkan situs saya untuk dipasangi iklan adsense maka saya pun membuka menu kelola. Begitu terkejutnya ketika saya melihat 5 blogku, di mana yang 4 masuk kategori tidak layak dan yang layak atau ada keterangannya "siap" hanya 1 blog. Dag dig dug rasanya saat itu, dalam hatiku bertanya "kok yang layak hanya 1 blog, ada apa dengan Adsenseku ini?". Tak pelototin terus tuh dasbor adsensenya, namun setelah pelototanku berhasil fokus ke tulisan yang di atas keterangan layak atau tidak layak tersebut ternyata ada tulisan "Konten yang Sesuai " atau Matched Content, maka perasaan kawatir tersebut berubah menjadi rasa bahagia.

Memanfaatkan Fitur Matched Content sebagai Pendongkrak Penghasilan Adsense

Bagi Anda publisher adsense yang belum mendapatkan kesempatan untuk memasang konten yang sesuai, jangan lupa cek dasbor adsense pengeloalaan situs ya?, siapa tahu ada kabar gembira tentang fitur matched content.

Apa itu matched content ?, ya untungnya saya sudah pernah membaca tentang "konten yang sesuai" di webnya Juragan Cipir dan web/blog lainnya, jadi bisa dikatakan sudah sedikit memiliki gambaran pengetahuan tentang fitur matched content. Namun, agar saya lebih memahami lagi maka saya langsung membuka dan membaca Tutorial tentang Fitur Mathed di support.google.com

Setelah saya mempelajari tutorial tersebut, saya mengambil kesimpulan bahwa fitur konten yang sesuai merupakan  fitur khusus bagi para publisher adsense yang websitenya sudah memenuhi kriteria maupun ketentuan-ketentuan yang dipersyaratkan oleh adsense. Namun, terus terang saya sendiri belum paham betul tentang faktor apa saja yang menjadikan suatu web/blog bisa diberi kesempatan oleh Adsense untuk memasang fitur matched content, tapi paling tidak ada dua faktor yang bisa saya tangkap yakni tentang sedikit banyaknya visitor unik yang dicapai oleh suatu web dan tentang kualitas artikel yang ada termasuk sifat keorisinilan artikel tersebut.

Bagaimana cara agar cepat mendapatkan kesempatan memasang fitur Matched Content?

Sahabat publisher adsense, walaupun di atas saya hanya menyampaikan 2 faktor yang mungkin menjadikan suatu blog diberi kesempatan untuk memasang fitur konten yang sesuai, namun di bawah ini saya sampaikan tentang faktor penyebab lainnya jika diadasarkan pada blog saya yang telah berhasil memiliki kesempatan membuat kode fitur matched content. Untuk lebih gampangnya saya buat model tanya jawab, namun kesimpulannya silakan disimpulkan sendiri. he he

1. Apakah umur blog menjadi faktor penyebab mendapatkan kesempatan memasang fitur konten yang sesuai ?

Umur blog saya saat awal  mendapatkan kesempatan  fitur matched content yaitu 15 bulan

2. Berapa jumlah artikelnya ?, 262 artikel

3. Berapa alexa ranknya ?, Alexa Traffic Rank Global : 262.179

4. Berapa jumlah pageview keseluruhan sepanjang waktu?, 2.881.903

Adapun data lain tentang blog saya yang belum saya sebutkan, bisa Anda tanyakan lewat kolom komentar. 

Seperti apa sih penampilan fitur matched content dan apa keuntungannya bagi blog dan adsense kita?

Tampilan fitur konten yang sesuai nyaris sama dengan tampilan artikel terkait. Ini contohnya saya screenshot  blog juragan cipir :


Dengan tampilan yang mirip atau bahkan bisa fungsi sebagai artikel terkait, maka hal ini lebih memudahkan pengunjung untuk menikmati bacaan terkait yang mereka butuhkan. Walaupun tampilan fitur matched conent mirip juga dengan tampilan iklan adsense, namun jika pengunjung mengeklik gambar/linknya maka akan tetap tertuju ke artikel yang dituju pada web kita. Dengan demikian, pageview blog kita akan semakin banyak sehingga penghasilan adsense pun niscaya lebih banyak juga karena keungkinan pengunjung mengeklik iklan adsense menjadi lebih besar.

Bagaimana membuat kode fitur matched content ?

Untuk membuat membuat fitur konten yang sesuai bisa dilakukan sama dengan saat kita membuat unit iklan adsense, sebagai berikut langkah-langkahnya :

1. Kunjungi Google Adsense


Langkah-langkah mendapatkan kode fitur matched content :
  • ketik nama iklan/fitur
  • buat iklan ukuran khusus ( rekomendasi dari Adsense ) dengan perbandingan ukuran 2:1 untuk kotak horisontal dan atau 1 : 2 untuk yang vertikal. Anda bisa juga pakai ukuran yang bukan khusus
  • pada menu jenis iklan, silakan pilih/klik "Konten yang sesuai"
  • dapatkan kode
  • setelah kode berhasil dibuat, tunggu lah selama 15 menit sebelum menerapkannya di blog Anda. Jika dalam waktu kurang dari 15 menit, Anda sudah memasang kode tersebut maka kemungkinan besar yang tampil adalah sama dengan iklan adsense, bukan konten yang sesuai.
Cara memasang kode fitur konten yang sesuai :
  • caranya sama dengan memasang kode iklan adsense di blog
  • saran dari adsense, pasang lah di paro bawah artikel, sebaiknya dipasang di atas/bawah iklan adsense
Selamat, Anda sudah berhasil memasang fitur konten yang sesuai. Lihat perkembangan jumlah pageview dan peningkatan penghasilan adsense Anda.

Demikian sekilas tentang Fitur Matched Content sebagai Pendongkrak dalam Meningkatkan Penghasilan Adsense. Semoga bermanfaat

 
Back To Top