Bisnise

Info Seputar Bisnis dan Kerja

05/12/16

Cara Jualan BBM Bensin/Premium, Pertamax, Pertalite, dan Solar Eceran Harga Terbaru Murah Menguntungkan

Cara Jualan Bahan Bakar Minyak (BBM)  Bensin/Premium, Pertamax, Pertalite, dan Solar Eceran Harga Terbaru Murah Menguntungkan- Minyak bumi (bahasa Inggris: petroleum, dari bahasa Latin petrus – karang dan oleum – minyak), dijuluki juga sebagai emas hitam, adalah cairan kental, berwarna coklat gelap, atau kehijauan yang mudah terbakar, yang berada di lapisan atas dari beberapa area di kerak bumi. Minyak bumi terdiri dari campuran kompleks dari berbagai hidrokarbon, sebagian besar seri alkana, tetapi bervariasi dalam penampilan, komposisi, dan kemurniannya. Minyak bumi diambil dari sumur minyak di pertambangan-pertambangan minyak.

Di Indonesia, minyak bumi yang diolah banyak digunakan sebagai Bahan Bakar Minyak atau BBM, yang merupakan salah satu jenis bahan bakar yang digunakan secara luas di era industrialisasi. Ada beberapa jenis BBM yang dikenal di Indonesia, di antaranya: Minyak tanah rumah tangga, Minyak tanah industri, Pertamax Racing, Pertamax, Pertamax Plus, Pertalite, Premium, Bio Premium, Bio Solar, Pertamina DEX, Solar transportasi, Solar industri, Minyak diesel, Minyak bakar.

Cara Jualan BBM Bensin/Premium, Pertamax, Pertalite, dan Solar Eceran Harga Terbaru Murah Menguntungkan
 Jualan Bensin/Premium, Pertamax, Pertalite, dan Solar (Harga di gambar di atas pada Januari 2016)

Di Indonesia, harga BBM sering mengalami kenaikan disebabkan alasan pemerintah yang ingin mengurangi subsidi. Tujuan dari pengurangan tersebut  adalah agar dana yang sebelumnya digunakan untuk subsidi dapat dialihkan untuk hal-hal lain seperti pendidikan dan pembangunan infrastruktur. Di sisi lain, kenaikan tersebut sering memicu terjadinya kenaikan pada harga barang-barang lainnya seperti barang konsumen, sembako dan bisa juga tarif listrik. ( Sumber ; https://id.wikipedia.org/wiki/Minyak_bumi )

Cara Jualan BBM Bensin/Premium, Pertamax, Pertalite, dan Solar Eceran Harga Terbaru Murah Menguntungkan

Sahabat pembaca, sejak dulu keberadaan penjual bensin eceran di sepanjang tepi jalan daerah perkampungan atau pedesaan memang tidak boleh dipandang sebelah mata.

Para penjual bahan bakar minyak jenis premium eceran sangat memudahkan para pemilik kendaraan sepeda motor untuk mendapatkan/membeli akan kebutuhan bensin.

Bayangkan saja jika di pedesaan  tidak ada penjual bensin eceran ( khususnya desa yang jauh dari SPBU/ POM Bensin ),,wah untuk beli bensin 2 liter habis 1 liter di perjalanan, misalnya.

Apa itu SPBU?, kadang-kadang istilah yang sudah tak asing namun masih ada yang belum mengetahui singkatan dari apa SPBU itu?, SPBU singkatan dari Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum. SPBU juga disebut POM Bensin yang merupakan singkatan dari Pompa Bensin.wow kok jadi membahas tentang singkatan SPBU/POM Bensin,,he he

Terlepas dari harga bahan bakar minyak, khususnya jenis premium yang sering naik-turun atau turu-naik dan terlepas dari berbagai persyaratan untuk bisa menjadi penjual eceran yang diizinkan beli ke SPBU dengan syarat-syarat tertentu, sampai saat ini toh masih banyak penjual bensin eceran yang sudah mendapatkan izin resmi menjadi penjual bahan bakar minyak.

Yang jelas simbiosis mutualisme antara pembeli dengan penjual bensin eceran tetap berlangsung. Hal ini juga bisa menjadi ide peluang bisnis usaha jualan bensin eceran bagi Anda yang menginginkannya. Karena jualan bensin eceran bisa dijalankan dengan modal kecil untung besar, asalkan trik jualan bensin eceran dikuasai dengan baik.

Trik Jualan Bahan Bakar Minyak Jenis Premium, Pertamax, Pertalite, dan Solar secara Eceran adalah sebagai berikut:

1. Premium/Bensin 

a. Pengertian Premium
Premium/Bensin  adalah bahan bakar minyak jenis distilat berwarna kekuningan yang jernih. Premium merupakan BBM untuk kendaraan bermotor yang paling populer di Indonesia. Premium di Indonesia dipasarkan oleh Pertamina dengan harga yang relatif murah karena memperoleh subsidi dari APBN. Premium merupakan BBM dengan oktan atau Research Octane Number (RON) terendah di antara BBM untuk kendaraan bermotor lainnya, yakni hanya 88. Pada umumnya, Premium digunakan untuk bahan bakar kendaraan bermotor bermesin bensin, seperti: mobil, sepeda motor, motor tempel, dan lain-lain. Bahan bakar ini sering juga disebut motor gasoline atau petrol.

b. Cara Jualan Bensin/Premium Eceran Kemasan Botol 1 Liter

Cara Jualan Bensin/Premium Eceran Kemasan Botol 1 Liter
 Premium

Pemilik atau pengguna kendaraan sepeda motor pada umumnya masih menggunakan bensin sebagai bahan bakar kendaraannya. Selain dari segi ekonomis, bensin juga merupakan bahan bakar minyak yang paling mudah ditemui jika ingin membelinya.

Dengan demikian premium/bensin sampai saat ini masih sebagai andalan para penjual bahan bakar minyak eceran untuk meraup keuntungan yang besar.

Update:
Saat ini (Desember 2016), khususnya POM Bensin di daerah Kebumen tidak melayani para penjual bensin eceran.


Keuntungan besar dapat diperoleh jika para penjual bensin eceran memperhatikan berberapa faktor yang antara lain:
  • takaran penuh. Sebenarnya untuk kemasan botol seperti yang terlihat pada gambar di atas itu jika terisi penuh maka takarannya lebih dari 1 liter. Adapun takaran pas persis 1 liternya jika botol tersebut terisi sampai sekitar bagian leher bawah botol. Namun pada umumnya para konsumen mengira bahwa ukuran 1 liter jika terisi penuh. Hematnya, tidak usah diperbincangkan lagi karena anggapan itu sulit untuk diatasi. Intinya, niat saja jual bensin botolan bukan literan, walaupun keuntungannya tipis, asal lakunya laris manis tanjung kimpul kan jadi banyak lah keuntungannya. Masalah tentang ukuran takaran penuh ini harus diproritaska karena para konsumen mayoritas membandingkan antara penjual bensin eceran yang satu dengan lainnya.
  • tempat strategis. Wah ini sih hal penting, namun jika Anda berjualan bensin di depan rumah Anda, misal pun tempat kurang strategis pun jangan diambil pusing.
  • pelayanan prima. Menjadi seorang penjual, dalam hal ini penjual bensin eceran,, harus melayani para konsumen dengan cepat.
3 contoh trik jualan bensin tersebut di atas juga berlaku sebagai trik jualan pertamax, pertalite, dan solar eceran.

2. Pertamax
a. Pengertian Pertamax
Pertamax adalah bahan bakar minyak andalan Pertamina ( Persatuan Perusahaan Pertambangan Minyak dan Gas Bumi Nasional ). Pertamax, seperti halnya Premium, adalah produk BBM dari pengolahan minyak bumi.

Pertamax dihasilkan dengan penambahan zat aditif dalam proses pengolahannya di kilang minyak. Pertamax pertama kali diluncurkan pada tanggal 10 Desember 1999 sebagai pengganti Premix 1994 dan Super TT 1998 karena unsur MTBE yang berbahaya bagi lingkungan.

Selain itu, Pertamax memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan Premium. Pertamax direkomendasikan untuk kendaraan yang memiliki kompresi 9,1-10,1, terutama yang telah menggunakan teknologi setara dengan Electronic Fuel Injection (EFI) dan catalytic converters (pengubah katalitik).

b. Cara Jualan Pertamax Eceran Kemasan Botol 1 Liter

Cara Jualan Pertamax Eceran Kemasan Botol 1 Liter
Pertamax

Sahabat pembaca, sejak selisih harga pertamax dengan premium tidak begitu banyak, sejak para pengguna sepeda motor lebih peduli dalam merawat mesin motornya, dan sejak alasan lainnya, pertamax bisa menjadi pelengkap dan sekaligus pendongkrak keuntungan para penjual bahan bakar minyak eceran.

Jika saat ini Anda sudah menjadi penjual bensin eceran namun belum menjual pertamax, bisa ditambah dong dengan dagangan pertamax. Saat sebelum kenaikan BBM tanggal 5 Januari 2016, harga pertamax di SPBU wilayah Gombong Rp 8.950 dan dijual eceran di desa-desa oleh para penjual eceran dengan harga Rp 10.000,00, nah lumayan kan keuntungan per botol/liternya.

Update: saat ini (Desember 2016) harga eceran Pertamax di daerah Gombong Kebumen pada kisaran antara Rp. 7.500;-9.000. Biasanya harga yang berbeda dikarenakan penghitungan jarak tempuh antara penjual eceran dengan POM Bensin dan/atau karena alasan lainnya.

3. Pertalite
a. Pengertian Pertalite
Pertalite adalah bahan bakar minyak terbaru dari Pertamina dengan RON 90. Pertalite dihasilkan dengan penambahan zat aditif dalam proses pengolahannya di kilang minyak. Pertalite diluncurkan tanggal 24 Juli 2015 sebagai varian baru bagi konsumen yang menginginkan BBM dengan kualitas di atas Premium, tetapi dengan harga yang lebih murah daripada Pertamax.

b. Cara Jualan Pertalite Eceran Kemasan Botol 1 Liter

Cara Jualan Pertalite Eceran Kemasan Botol 1 Liter
 Pertalite

Sahabat pembaca, walau BBM jenis baru ini telah diluncurkan pada Bulan Juli 2015 namun ternyata masih banyak yang belum tahu pasti apakah mana yang benar petralite atau pertalite?, he he yang benar pertalite ya?. Secara kasat mata, warna pertalite dengan pertamax cukup sulit dibedakan karena warnanya cukup mirip, he he warna pertamax biru atau hijau?, warna petralite hijau atau biru?. Jika

Anda membeli pertamax atau pertalite di SPBU tentunya ga bisa tahu warnanya. Namun jika Anda melihat warna pertamax dan pertalite yang dikemas dengan botol bening oleh penjual eceran maka nampak cukup jelas warna pertmax yang biru kehijauan dan pertalite dengan warna hijua terang.

Nah, pertalite juga merupakan peluang bagus untuk mendongkrak keuntungan para penjual BBM eceran karena saat ini para konsumen masih banyak yang penasaran. Jadi kepopuleran BBM baru ini bisa mendatangkan keuntungan yang besar. Selain itu, saat ini harga pertalite di bawah harga pertamax dan di atas harga premium dengan selisih harga yang relatif sedikit.

4. Solar 
a. Pengertian Solar
Bahan bakar diesel secara umum adalah bahan bakar cair apapun yang digunakan untuk mesin diesel. Di Indonesia, bahan bakar diesel yang paling umum adalah solar.

b. Jualan Solar Eceran
BBM jenis solar juga bisa untuk melengkapi dagangannya para penjual BBM eceran di desa-desa/kampung. Memang sih BBM solar jarang laku di desa-desa, namun sekali laku,,keuntungannya juga cukup banyak loh. Siapa sih konsumennya, yah solar laku oleh para pengguna/pemilik mobil yang kehabisan solar di tengah perjalanan.

Selain itu para pemilik mesin diesel lainnya juga banyak yang memilih membeli solar di pedagang eceran. Ada juga konsumen solar yang memanfaatkan solar sebagai bahan bakar kompor minyak tanah sebagai alternatif jika LPG habis atau sulit didapatkan,  lampu teplok/dian/damar dan sebutan lainnya sebagai lampu yang dimanfaatkan ketika listrik padam.

Demikian tentang Cara Jualan BBM Bensin/Premium, Pertamax, Pertalite, dan Solar Eceran Harga Terbaru Murah Menguntungkan. Semoga bermanfaat

 
Back To Top