Bisnise

Info Seputar Bisnis dan Kerja

03/12/16

6 Tips Sukses Membuat Restoran/Restaurant Lebih Kuat dari Pesaing Anda

6 Tips Sukses Membuat Restoran/Restaurant Anda Lebih Kuat dari Pesaing Anda_Di era semakin berkembangnya bisnis restoran saat ini, pasti persaingan untuk mendapatkan pelanggan juga akan semakin ketat. Setiap restoran akan berlomba-lomba menyajikan menu makanan dan pelayanan terbaik agar restorannya tetap menjadi destinasi kuliner yang ramai oleh pelanggan. Sebaliknya, restoran yang tidak mampu menjawab tantangan persaingan dunia kuliner, lama kelamaan akan sepi dan harus berhenti di tengah jalan. Agar restoran Anda sukses, Anda bisa mencoba 6 tips membuat restoran Anda menjadi lebih kuat dari restoran lain di bawah ini.
6 Tips Sukses Membuat Restoran/Restaurant Lebih Kuat dari Pesaing Anda

1. Adaptasi dengan perubahan
Lingkungan adalah salah satu faktor kesuksesan sebuah restoran. Misalnya restoran Anda berada di area lingkungan yang tepat dengan target market yang potensial, maka kemungkinan restoran Anda makin cepat maju. Utamanya adalah amati perubahan yang terjadi di lingkungan. Setiap ada hal baru atau target pasar baru, jangan lambat dalam melakukan promosi, semakin cepat Anda membuat langkah awal, maka restoran Anda bisa 1-2 langkah di depan pesaing Anda.

2. Kenali kompetitor
Setiap pemilik restoran sebaiknya tahu nilai lebih kompetitor restorannya. Nilai lebih kompetitor lain bisa terdapat pada menu makanannya, rasanya, kualitas chefnya, ataupun pemberian harganya ataupun bentuk promosi yang mereka lakukan. Dari sini Anda akan bisa menentukan apa yang perlu Anda benahi pada restoran Anda untuk bisa menjadi lebih baik dalam menarik konsumen untuk datang berkunjung.

3. Miliki menu favorite
Pemilik restoran harus mempunyai menu Andalan untuk disajikan di restorannya. Memiliki menu Andalan akan menciptakan brand, sehingga orang akan lebih mudah ingat jika membeli suatu makanan, maka mereka akan datang ke restoran Anda. Tanpa menu favorite, restoran Anda akan sulit bersaing dengan restoran lain, meskipun dibalut dengan bangunan yang mewah dan pelayanan yang maksimal.

4. Bentuk ciri khas restoran
Pembentukan ciri khas restoran bisa dimulai dari pemilihan nama restoran, kemudian menu-menu dengan nama dan rasa yang unik, pelayanan yang berbeda dari restoran lain yang menjual menu yang sama dan sebagainya. Ciri khas yang unik sebuah restoran akan lebih mudah menarik minat konsumen untuk membeli.

5. Promosi yang tepat sasaran
Promosi yang bagus adalah promosi yang tepat sasaran, dalam artian apabila restoran Anda menyasar anak-anak muda, maka promosilah kepada anak-anak di rentang usia tersebut. Promosi yang bagus juga ditunjang oleh tim marketing yang kuat, solid, kreatif dan berusaha semaksimal mungkin untuk memperkenalkan restoran kepada khalayak yang lebih banyak. Buatlah jenis promosi seperti gathering, membuat komunitas dan sebagainya untuk meningkatkan kepopuleran restoran Anda di mata konsumen.

6.  Manfaatkan Teknologi
Media sosial saat ini menjadi kian berperan dalam kehidupan sehari-hari, tidak terkecuali dalam hal promosi dan menyebarkan berita/informasi. Pemilik restoran yang menyasar anak-anak muda sangat perlu untuk memanfaatkan sosial media sebagai ajang promosi restorannya. Berpromosi menggunakan facebook, twitter, path, google plus dan pinterest akan membuat restoran Anda kian populer di mata calon konsumen.

Jika ingin berpromosi dengan lebih baik dan tepat sasaran Anda bisa mencoba menggunakan facebook ads, atau instagram ads yakni ajang iklan berbayar yang disediakan kedua platform sosial media tersebut. Dengan promosi berbayar, maka Anda bisa menargetkan pangsa pasar yang lebih spesifik, seperti misalnya anak-anak muda berusia tertentu ataupun penggemar masakan tertentu, gunanya adalah untuk menarik konsumen yang tepat.

Itulah enam tips sukses untuk membuat restoran Anda lebih powerfull dan populer di mata konsumen, sehingga Anda bisa menarik lebih banyak pengunjung dan menghasilkan lebih banyak uang.

0 Komentar 6 Tips Sukses Membuat Restoran/Restaurant Lebih Kuat dari Pesaing Anda

Posting Komentar

Back To Top