Bisnise

Info Seputar Bisnis dan Kerja

28/11/16

Tips Sukses Usaha Menjadi Penjual atau Distributor Pulsa

Peluang Usaha Distributor Pulsa- Usaha menjadi penjual ataupun distributor pulsa elektrik HP saat ini memang masih sangat menguntungkan/menjanjikan, bahkan mungkin usaha jualan pulsa ke depannya akan tetap menguntungkan.

Juragan, mengapa banyak penjual pulsa yang gulung tikar? dan bagaimana cara agar usaha jualan pulsa tetap lancar dan sukses ?

Saat awal orang Indonesia banyak yang mempunyai HP, saat itu juga penjual pulsa menjamur di mana-mana. Hampir di setiap lingkup daerah, misal di setiap wilayah RT ada 2 bahkan lebih sang penjual pulsa. Coba ingat-ingat dan hitung saat dahulu jumlah penjual pulsa di daerah juragan..he he,,,sudah banyak atau belum?, tentunya sudah kan?. Kalau di daerah saya 1 RT ada sekitar 6 penjual pulsa, padahal jumlah KK hanya 38 Kepala Keluarga. Enak juga sich waktu itu, jika pulsa habis ya cukup mengisi sendiri ( kebetulan saya juga ikut jualan pulsa ). Teman dan tetangga yang bukan penjual pulsa juga menjadi mudah untuk membeli pulsa.

Juragan, sudah ingat kan berapa jumlah penjual pulsa di daerah juragan? ( cukup di dalam hati saja jawabnya, he he ). Sekarang lanjut berhitung ya? berapa jumlah penjual yang masih bertahan sampai saat ini ?. Jika tetap/bertambah, ya syukurlah..berarti penjual pulsa di daerah juragan sudah cukup matang dalam mengelola keuangan modal dan keuntungan. Jika jumlahnya berkurang, maka berarti sama dengan di daerah saya. he he

Tips Sukses Usaha Menjadi Penjual atau  Distributor Pulsa


Mengapa banyak yang gulung tikar?. Ya sebetulnya jawabannya cukup variatif ( pengecualian bagi penjual pulsa yang berhenti karena alasan selain yang akan saya sampaikan ), namun di sini akan saya sampaikan beberapa kendala yang dihadapi mereka yang gulung tikar sebagai berikut :
  1. Keuntungan dari menjual pulsa relatif sedikit yakni berkisar antara Rp.500 - Rp. 1.000; dan langganan sedikit. ( jika keuntungan sedikit tapi pembelinya banyak, sok pati tidak jadi masalah )
  2. Usaha menjadi penjual pulsa menjadi usaha utama akan tetapi hasilnya belum mencukupi untuk kebutuhan sehar-hari sehingga baik uang keuntungan maupun uang modal lambat laun campur aduk dan ikut terpakai untuk pemenuhan kebutuhan.
  3. Usaha jualan pulsa dengan modal banyak/sedikit dan kebetulan para pelanggannya terlalu menganggap gampang akan arti sebuah jual beli, di mana para pelanggan hobinya hanya sms jika pulsa mereka dah mau habis, sehingga pembayaran tersendat di tengah jalan bahkan berhenti.
Selain tiga kendala di atas masih banyak kendala yang tidak perlu saya sebutkan di sini, takutnya artikel ini terlalu panjang. he he. Secara garis besar sudah termuat pada 3 kendala seperti di atas, dan kayaknya mayoritas penjual pulsa gulung tikar adalah disebabkan oleh point yang nomor tiga., mengapa?,,,karena jika perputaran uang yang menjadi modal dan keunungan kita tersendat/berhenti di para pelanggan maka tentu saja lama kelamaan perputaran uang sulit untuk dikendalikan.

Lalu bagaimana caranya agar usaha jualan pulsa tetap lancar, lebih khusus agar para pelanggan tidak hobi hutang?. Di bawah ini beberapa alternatif caranya :
  1. Tidak melayani pembelian dengan bayar di belakang ( hutang )- Cara ini tentunya sangat berat bagi sang penjual, karena biasanya pelanggannya myoritas orang yang sudak kenal, tapi coba paksakan untuk tegas dengan cara yang halus, misalnya dengan membuat dan memasang tulisan di tempat jualan dengan tulisan " Maaf, ada pulsa ada uang " dan lain sebagainya
  2. Pisahkan antara uang modal, uang keuntungan, dan uang yang diperoleh dari sumber lain
  3. Berusaha semaksimal mungkin agar tetap lancar, jangan lupa berdo'a.
Demikian sekilas tentang Tips Sukses Menjadi Penjual Pulsa. Semoga bermanaat.

Bagi juragan yang mau usaha jualan pulsa, silahkan cari distributor yang terdekat, termurah, dan pelayanan cepat.

Back To Top