Bisnise

Info Seputar Bisnis dan Kerja

17/08/16

Sejarah Asuransi di Dunia

Sejarah Asuransi di Dunia_Jika membicarakan asuransi, lebih baik jika kita juga mengetahui awal mula atau sejarah asuransi terlebih dahulu. Asuransi berawal sejak 1750 tahun sebelum masehi. Asuransi memiliki sejarah yang cukup panjang dilihat dari tahun pertama adanya asuransi tersebut. Selengkapnya tentang sejarah asuransi, akan diulas di bawah ini. Silahkan disimak.
Sejarah Asuransi di Dunia

Hukum Raja Hammurabi
Pertama perlu di ketahui terlebih dahulu mengenai konsep utama dari asuransi. Konsep utama asuransi adalah pengalihan dan juga penyebaran resiko yang sudah beroperasi beriringan dengan adanya eksistensi manusia. Seperti pada jaman dahulu dimana pengiriman paket kargo dengan karavan berbeda agar terhindar dari resiko hilangnya seluruh muatan karena dirampok. Hal ini menunjukkan bahwa sejak dulu orang sudah waspada dengan resiko. Dan pemikiran itulah cikal bakal dari lahirnya asuransi.

Dan pertama kalinya ada polis asuransi adalah pada zaman Raja Hammurabi yang tertulis di monumen obelisk Babilonia. Di dalamnya tertulis Hukum Hammurabi atau The Hammurabi Code, hukum ini merupakan hukum pertama yang tertulis di dunia. Meskipun dalam hukum ini konsekuensinya cukup ekstrim, namun disitu tertulis prinsip dasar asuransi yang menyatakan bahwa saat mendapatkan atau mengalami bencana, debitur tidak perlu melakukan pembayaran kembali pinjamannya.

Perlindungan Serikat Buruh
Di jaman pertengahan para pengrajin di latih dengan sistem serikat buruh. Pada jaman itu anak-anak menghabiskan waktunya dengan magang di pengrajin. Anak-anak tersebut dilatih oleh pengrajin tersebut dengan bayaran yang tidak sesuai bahkan tidak dibayar. Setelah anak-anak tersebut dewasa, mereka menjadi pengrajin sendiri dan melatih anak magang yang lain. Pengrajin yang kaya akan memiliki banyak pundi-pundi atau cadangan kakayaan yang fungsinya untuk dana asuransi. Pada zaman itu gubuk gubuk terbakar adalah hal yang biasa.

Sehingga jika gubuk mereka terbakar, maka mereka akan membangun kembali dengan pundi-pundi simpanannya. Sistem pengamanan ini membuat semakin banyak orang yang menjadi pengrajin dan meninggalkan dunia pertanian. Sehingga jumlah barang yang tersedia menjadi banyak dan beragam. Sistem asuransi yang dilakukan oleh serikat buruh ini masih digunakan sampai saat ini dengan bentuk perlindungan kelompok.

Kalkulator Pertama
Tahun 1654 terdapat seorang warga Perancis yang bernama Blaise Pascal berhasil menemukan sebuah kalkulator yang pertama di dunia. Dan Pierre de Frmat, warga negara Perancis juga berhasil menemukan cara menilai probabilitas sehingga dapat mengukur tingkat suatu resiko. Segitiga pascal membuat ditemukannya tabel aktuari pertama. Tabel aktuari ini difungsikan hingga sekarang untuk menghitung tarif asuransi.

Kebakaran dan Wabah
Pada tahun 1666, kebakaran menghancurkan kota London dan membuat 14000 bangunan rata dengan tanah. Banyak korban yang kehilangan rumah mereka. Sebagai respon terhadap kekacauan ini, penjamin emisi yang sebelumnya secara eksklusif menangani masalah asuransi mengenai pelayaran membentuk sebuah perusahaan asuransi yang menawarkan asuransi kebakaran.

Migrasi Asuransi ke Amerika
Perusahaan asuransi yang berkembang pesat di eropa setelah revolusi industri memiliki cerita berbeda di Amerika. Kehidupan koloni yang begitu berbahaya membubat perusahaan asuransi enggan untuk menyentuh mereka. Akibatnya hampir tiga dari setiap empat orang koloni tewas dalam kurun waktu 40 tahun pertama karena wabah penyakit, kelaparan dan lin-lain. Butuh 100 tahun untuk perusahaan asuransi membangun diri di Amerika.

Itulah cerita awal dari asuransi hingga menuju ke Amerika yang merupakan pusat gaya hidup dunia dan menyebar hingga sekarang ke seluruh belahan dunia. Semoga bermanfaat.

2 komentar

Ternyata asuransi telah ada sejak dulu ya mas, berarti orang jaman dulu juga sudah berfikir tentang masa depan kehidupannya dengan cermat.

Iya mas, begitulah,,ahaa,,kita juga kan mengekor ke nenek moyang

 
Back To Top