Bisnise

Info Seputar Bisnis dan Kerja

14/07/16

Cara Bisnis Saham Online Bagi Pemula

Cara Bisnis Saham Online Bagi Pemula_Semakin berkembangnya teknologi internet membuka peluang bagi kita untuk memperoleh penghasilan secara online dari mana saja termasuk dari jual beli saham. Saat ini bisnis saham dianggap sebagai salah satu jenis investasi yang menguntungkan. Bahkan keuntungan yang diperoleh dari bisnis saham bisa melebihi keuntungan berbisnis emas. Namun bagi seorang pemula, bisnis saham bisa membingungkan dan jika tidak berhati-hati bisa menyebabkan kerugian. Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk berbisnis saham ada baiknya Anda mengetahui cara bisnis saham online bagi pemula berikut ini.
Cara Bisnis Saham Online Bagi Pemula
Panduan Bisnis Saham Bagi Pemula

1. Perlu diingat bisnis saham tidak hanya bisa menghasilkan keuntungan tapi juga memiliki potensi kerugian, sebagai persiapan mental Anda harus memiliki keinginan dan motivasi yang tinggi untuk bermain saham dan mau belajar dari kesalahan. Hal ini akan berguna untuk menyiapkan diri jika suatu saat mengalami kerugian, Anda tidak mudah berputus asa.

2. Sebagai permulaan, mulailah bisnis saham dengan modal yang tidak terlalu besar. Sehingga jika melakukan kesalahan, jumlah kerugian yang diderita tidak terlalu besar. Jika Anda sudah mulai merasa nyaman dengan proses bermain saham, Anda bisa menambah jumlah modal secara perlahan.

Hal yang perlu diingat saat mulai berbisnis saham adalah selalu ingat bahwa modal yang Anda gunakan bisa berkurang atau bahkan habis mengingat kondisi pasar saham yang berubah-ubah.

3. Pelajari sejarah kondisi keuangan perusahaan yang Anda sukai. Pilih saham dari perusahaan yang berfundamental baik, memiliki bentuk usaha dan badan usaha yang baik, pengelolaan  keuangannya transparan, produknya laris di pasaran dan tidak memiliki hutang. Bila perlu mintalah pendapat para ahli mengenai perusahaan tersebut.

4. Saat memasuki bisnis saham sebaiknya jangan hanya berinvestasi pada satu jenis produk saham saja. Belilah produk saham dari beberapa perusahaan yang berbeda untuk melakukan diversifikasi.

Dengan memiliki banyak saham, resiko kerugiannya lebih kecil daripada jika hanya berinvestasi pada satu jenis saham saja. Jika salah satu saham perusahaan Anda mengalami kerugian, Anda masih memiliki cadangan saham lain yang masih bisa memberikan keuntungan.

5. Saat memulai berbisnis saham, berfokuslah untuk berinvestasi jangka panjang. Pasar saham yang fluktuatif akan sangat beresiko jika Anda berinvestasi untuk jangka pendek. Dengan berinvestasi jangka panjang, keuntungan yang diperoleh akan meningkat bahkan bisa melebihi modal awal yang Anda gunakan.

6. Sentimen pasar dapat mempengaruhi naik turunnya harga saham yang kita miliki.Alangkah baiknya jika Anda mulai memperhatikan sentimen-sentimen yang bisa mempengaruhi kondisi di bursa saham. Kejadian yang bisa mempengaruhi sentimen pasar antara lain kenaikan harga suatu komoditas di pasaran, perubahan angka-angka laju perekonomian, dan indeks harga saham regional.

7. Untuk menentukan dan memutuskan jual beli saham, Anda harus mengetahui cara menganalisis saham. Untuk menganalisis saham dapat dilakukan dengan dua cara, yakni analisis teknikal dan analisis fundamental. Kedua teknik ini dapat anda pelajari dengan meminta pendapat ahli atau membaca buku-buku yang berkaitan dengan bisnis saham.

8. Melakukan review pada portofolio secara berkala. Hal ini berguna untuk mengetahui kinerja masing-masing saham, jika terdapat produk yang merugi bisa diganti dengan saham yang memiliki prospek lebih baik.

Semoga setelah mengetahui beberapa cara bisnis saham online bagi pemula di atas, Anda kini bisa lebih percaya diri memulai berinvestasi saham. Disertai dengan kedisiplinan dan ketelatenan kemungkinan besar keuntungan Anda akan selalu meningkat. Selamat mencoba.

0 Komentar Cara Bisnis Saham Online Bagi Pemula

Posting Komentar

Back To Top