Bisnise

Info Seputar Bisnis dan Kerja

20/06/16

Blog Bahasa Indonesia Juga Berpotensi Hasilkan Klik Adsense dari Pengunjung Luar Negeri

Blog Bahasa Indonesia Juga Berpotensi Hasilkan Klik Adsense dari Pengunjung Luar Negeri_Bahasa yang paling tepat digunakan untuk blog adalah bahasa yang nasional atau internasional yang paling dikuasai oleh kita. Saya sendiri lebih suka blog dengan bahasa Indonesia, karena kemampuan saya dalam berbahasa Inggris masih sangat minim. Sebenarnya jika saya sudah mahir bahasa Inggris, tak menutup kemungkinan akan membuat blog dengan bahasa Inggris sebanyak-banyaknya, karena kata para master Adsense, blog berbahasa Inggris lebih mudah menghasilkan dollar. Walaupun demikian, bukan berarti blog selain bahasa Inggris tidak berpotensi untuk meraup dollar sebanyak-banyaknya dari klik pengunjung berbagai negara loh, karena blog dengan bahasa Indonesia juga sangat berpotensi untuk mendapatkan penghasilan adsense dari klik pengunjung luar negeri.

Blog Bahasa Indonesia Juga Berpotensi Hasilkan Klik Adsense dari Pengunjung Luar Negeri
Jumlah klik iklan Google Adsense dari pengunjung luar negeri (data  2015 -2016):
  • Malaysia: 298 klik Adsense
  • Singapura: 175 klik
  • Amerika Serikat: 90 klik
  • India: 43 klik
  • Inggris: 42 
Apakah Blog Bahasa Indonesia Berpotensi Hasilkan Klik Adsense dari Pengunjung Luar Negeri?

Bisa, namun ternyata tidak semua blog berbahasa Indonesia yang bisa maksimal dalam menghasilkan klik adsense dari pengunjung luar negeri.  Ahaa, tentunya  ini terkait dengan artikel yang kita buat. Seperti data jumlah klik di atas, dalam waktu lebih dari 1 tahun, laporan di dasbor adsense saya hanya mendapatkan ratusan klik dari pengunjung luar negeri karena memang saya belum menargetkan untuk pengunjung luar negeri, nah itu karena kebetulan saja cukup banyak pengunjung di blog saya sehingga ada yang mau mengeklik iklan Adsense.

Jika memang tulisan kita dibutuhkan oleh pengunjung luar negeri, toh faktor bahasa tidak bisa dikatakan sebagai faktor penghalang mereka dalam mengunjungi blog kita, karena Google Translate juga sangat membantu mereka dalam memahami isi artikel kita.

Cara Mendatangkan Klik Adsense Blog Bahasa Indonesia dari Pengunjung Luar Negeri

1. Pilih topik artikel yang sifatnya umum dibutuhkan oleh masyarakat dunia
Contohnya apa sih topik yang banyak dibutuhkan oleh orang sedunia?
Contohnya:
  • artikel tentang blogging
  • info aktual Indonesia
  • tentang adsense
  • teknologi
  • ilmu pengetahuan umum
2. Gunakan bahasa Indonesia yang baku; sesuai EYD
Dengan menggunakan bahasa Indonesia baku, maka kesalahan makna terminimalisir ketika artikel kita diterjemahkan dengan Google Transalte. Ahaa, saya sendiri juga masih proses belajar dalam menggunakan bahasa Indonesia yang sesuai EYD, karena kadang-kadang saya juga perlu bahasa non baku.

3. Manfaatkan Google Plus
Google Plus sangat membantu suatu blog bisa tampil di halaman awal Google. Saya juga selalu memanfaatkan Google+, karena untuk antisipasi jika artikel yang saya buat tidak langsung bisa nongkrong di halaman pertama Google.

Nah, terbukti kan jika blog bahasa Indonesia juga berpotensi mendatangkan pengunjung luar negeri yang mau mengeklik iklan Adsense?

Jadi, Percaya Diri saja dengan blog bahasa Indonesia yang kita miliki. Semoga penghasilan Adsense kita selalu meningkat.

4 Komentar Blog Bahasa Indonesia Juga Berpotensi Hasilkan Klik Adsense dari Pengunjung Luar Negeri

  1. nah itu ... sayangnya kalo pake bahasa baku dengan EYD yang tepat ...
    kayaknya kurang cocok buat blog aku yang umumnya pengunjung dari anak muda maz syamsu ...
    jadi saya lebih suka bahasa non formal ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya kalau bahasa Indonesia yang baku itu cocok buat siapa saja kok mba, hanya memang perlu dikasih bumbu yang agak gaul gitu.

      Hapus
  2. Kalau blog yang bertema pendidikan mungkin bisa aj mas menggunakan bahasa baku, tapi kalau sperti blog saya yang bertema bisnis dimana kebanyakan pengunjung biasanya membaca dengan santai agak gimana gitu. Mungkin baiknya tetap menggunakan bahasa baku tapi di selipkan bahasa-bahasa umum yang menggambarkan keakraban pembaca dengan penulis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahaa, iya betul banget mas Fajrin. Untuk blog topik pendidikan juga kadang perlu diselipkan bahasa gaul. he he

      Hapus

Back To Top