Bisnise

Info Seputar Bisnis dan Kerja

01/02/16

Cara Mudah Daftar Google Adsense Lewat Blogger

Cara Daftar Google Adsense Lewat Blogger- Google AdSense adalah cara gratis dan mudah bagi semua penayang situs web, besar maupun kecil, untuk memperoleh uang dengan menampilkan iklan Google yang bertarget di situs web mereka ( Sumber: Bantuan Adsense ). Sahabat Blogger, jika blog Anda menggunakan domain blogspot dan belum didaftarkan ke Google Adsense, maka silakan mendaftar Adsense agar blog kesayangan Anda dapat menghasilkan uang. Saya yakin tujuan awal Anda membuat blog yaitu dengan maksud untuk digunakan sebagai media informasi, namun tidak ada salahnya jika digunakan juga sebagai alat pencetak dollar.

Sebenarnya bukan hanya web/blog platfrom Blogger/Blogspot saja yang bisa didaftarkan di Google Adsense, seperti website berdomain TLD ( www.namadomain.com, dan lain-lain ) juga bisa dan baik untuk didaftarkan Adsense. Namun pada halaman blog ini saya khusus membahas tentang Cara Daftar Google Adsense Via Blogger.

Sahabat Blogger, dengan menjadi publisher Adsense, tidak akan mengganggu Anda dalam membangun blog. Anda tetap saja fokus membuat artikel-artikel yang unik dan menarik. Jadi setelah nanti Anda diterima menjadi publisher Adsense, Anda bisa lebih bersemangat dalam merawat blog karena jika bisnis Adsense ditekuni, hasilnya bisa sebagai biaya operasional blog, bahkan bisa jadi penghasilan dari Adsense dapat lebih banyak dari penghasilan kerja pokok Anda.

Banyak keuntungan yang didapat jika Anda memasang iklan Adsense di blog, karena pendaftaran bisnis Adsense tidak dipungut biaya alias gratis. Dulu Anda telah mendaftar atau membuat blog di Blogger  dengan gratis, kini saatnya Anda mendaftar menjadi publisher Adsense dengan gratis juga. Wah Google sungguh oke, di mana dengan blog gratisan saja bisa sebagai alat untuk menghasilkan uang lewat internet.

Sahabat Blogger, seiring dengan pemasaran produk melalui internet, maka semakin hari semakin banyak para pemilik produk yang menggunakan jasa  Google  dalam mengiklankan produk mereka yakni lewat Google Adwords. Hal ini tentunya membuka peluang yang sangat bagus bagi para pemilik website/blog untuk bekerja sama dengan Google Adsense dalam menayangkan iklan produk-produk perusahaan mereka di web/blog kita. He he, keren juga kan jika kita bekerja sama dengan Google.

Masalah berapa nilai/harga per klik jika ada pengunjung blog mengeklik iklan yang ada di blog itu tergantung pengiklan dan pihak Google. Intinya semakin bagus artikel suatu blog maka semakin tinggi juga pendapatannya, adapun arti dari bagus/baik itu relatif adanya. Yang jelas sudah banyak Blogger Indonesia yang sukses dalam menjadi penayang iklan Adsense. Silakan cari info tentang kisah publisher Adsense yang sukses.

Cara Daftar Google Adsense Lewat Blogger

Untuk bisa mendaftar di  Google Adsense, Anda harus mempersiapkan blog Anda agar tombol menu pendaftaran Adsense segera aktif, karena tanpa adanya usaha mengaktifkan tombol "Mendaftar" Adsense di dashboard blogger, Anda tidak bisa melakukan pendaftaran. Untuk lebih jelasnya silakan simak Cara Daftar Adsense via Blogger di bawah ini :

1. Login di www.blogger.com
Langkah ini merupakan langkah persiapan/awal untuk memunculkan tab penghasilan yang disimbolkan dengan icon gambar gelas cantik.

Cara Daftar Google Adsense melalui Blog

Cara Mengaktifkan Google Adsense di Blog Blogger
Cara Setting Dashboard Blogger untuk Daftar Adsense
  • #1. Klik Setelan
  • #2. Klik menu Bahasa dan pemformatan
  • #3. Klik segitiga kecil untuk memunculkan/menampilkan menu pilihan bahasa
  • #4. Klik Inggris ( Inggris ) - English ( United Kongdom ), jadi yang dipilih bukan Inggris ( Amerika Serikat ) - English ( United States )
  • #5. Pastikan pilihan bahasa sudah benar
  • #6. Klik "Simpan Setelan " yang menu tersebut berada di pojok kanan atas dasbor Blogger Anda.
2. Selanjutnya, silakan refresh browser Anda ( tekan F5 ), maka di dasbor Blogger akan tampil menu "Penghasilan" , silakan klik menu tersebut :
Menu Penghasilan Adsense
Jika setelah menu "Penghasilan" diklik, tapi ternyata di dasbor Blogger Anda ada keterangan " Blog Anda belum memenuhi syarat Adsense", maka berarti tombol "Mendaftar Adsense" belum aktif sehingga tidak bisa diklik.

Blog Anda belum memenuhi syarat Adsense

Jika ada pendaftar Adsense yang mengalami hal seperti tersebut, ada beberapa kemungkinan penyebabnya, antara lain :
  • Umur domain blog masih terlalu muda. Masalah batasan blog harus minimal umur berapa bulan untuk bisa daftar Adsense itu relatif. Di negara lain ada suatu negara yang dipersyaratkan oleh Google bahwa blog minimal berumur 6 bulan. Namun di Indonesia semoga tidak dipersyaratkan demikian. Banyak teman-teman Blogger yang umur blognya di bawah 6 bulan juga sudah bisa diterima sebagai publisher Adsense. Bahasan muda di sini adalah masih kurang berkualitas artikelnya sehingga belum memenuhi kebijakan Google Adsense.
  • Ada atau banyaknya artikel yang hasil dari Copas/Copy Paste

3. Jika setelah mengeklik menu "Penghasilan", yang tampil adalah menu untuk mendaftar Adsense tanpa keterangan seperti tersebut di atas, maka silakan Anda klik "Mendaftar Adsense".

Cara Mendaftar Google Adsense

4. Klik "Masuk" untuk masuk ke akun Google Anda

Masuk Akun Google untuk Mendaftar Adsense

5. Tentukan bahasa utama yang digunakan di situs web/blog Anda. Untuk menampilkan pilihan bahasa, silakan klik segitiga, kemudian pilih dan klik yang sesuai. Langkah selanjutnya yaitu dengan mengeklik " Lanjutkan"

Menentukan bahasa utama situs web blog

6. Isi Formulir Pendaftaran Google Adsense

Cara Pengisian Form Pendaftaran Google Adsense

Cara Pengisian Form Pendaftaran Google Adsense :
  • #1. Pilih Negara, klik segitiga untuk menampilkan daftar pilihan. Contoh : Indonesia
  • #2. Pilih Zona waktu-  Zona waktu akan muncul secara otomatis setelah memilih Negara
  • #3. Tentukan jenis akun ( perorangan atau bisnis )
  • #4. Nama Penerima Pembayaran. Isilah dengan nama Anda ( sesuaikan dan pastikan namanya sama dengan nama  yang ada di rekening Bank milik Anda )
  • #5. Alamat Jalan. Form ini boleh diisi dengan alamat lengkap, misalnya : Desa Sukses RT.01 RW.01 Kecamatan Mulyosari
  • #6. Isikan nama Kota/Kabupaten Anda
  • #7. Isikan nomor telepon/HP Anda
  • #8. Klik "Ya" atau "Tidak" pada masing-masing item preferensi Email  ( Saran bantuan dan kinerja yang diubahsesuaikan, buletin, undangan penelitian pasar Google, penawaran khusus, informasi tentang produk dan layanan Google lainnya yang mungkin menarik untuk saya )
Setelah poin ke-1 sampai dengan 8 sudah diisi dengan benar, silakan klik " Kirim permohonan saya"

7. Selamat ! Widget Adsense telah ditambahkan ke template blog Anda. Silakan klik Lanjutkan untuk menyesuaikan setelan Adsense Anda.

Widget Adsense telah ditambahkan ke template blog
Setelah Anda mengirimkan permohonan pendaftaran Adsense, maka akan tampil seperti tampilan dan keterangan di atas. Namun status pendaftaran Anda baru pada status "peninjauan" dan atau belum disetujui,  jadi akun Adsense Anda masih "Non Aktif".
Menunggu persetujuaan Google Adsense

8. Tunggu persetujuan dari Google Adsense

Tunggu persetujuan dari Adsense, karena Google Adsense akan mengirim pemberitahuan tentang pendaftaran Anda setelah Google Adsense meninjau berbagai hal tentang pendaftaran Anda. Pemberitahuan berupa persetujuan atau penolakan, akan dikirim ke email Anda. Pihak Google Adsense akan mengirim pemberitahuan tersebut setelah kuarng lebih 1 minggu terhitung dari waktu Anda mendaftar Adsense. Selama waktu menunggu, silakan cek email Anda secara berkala agar jika ada pemberitahuan/kiriman email dari Adsense, Anda dapat langsung mengetahuinya. Semoga Anda disetujui sebagai Publisher Adsense.

9. Contoh surat persetujuan jika pendaftran Adsense telah diterima/diapprove

Akun Google Adsense Anda telah diaktifkan sepenuhnya
Jika blog Anda telah ditinjau dan disetujui oleh Tim Google Adsense, maka Anda akan mendapatkan pemberitahuan lewat email. Berita baik tersebut berjudul " Akun Google Adsense Anda telah diaktifkan sepenuhnya ".

Demikian tentang Cara Daftar Google Adsense Lewat Blogger. Selamat menjadi Publisher Adsense. Semoga sukses

Back To Top