Bisnise

Info Seputar Bisnis dan Kerja

17/10/15

Cara Mudah Membuat Iklan Google Adsense untuk Blog

Cara Membuat/Mendapatkan Kode Iklan Google Adsense untuk Blog- Halo apa kabar para Publisher Adsense pemula?, semoga kita selalu diberi kesehatan oleh Yang Maha Kuasa. Sahabat, di halaman ini saya arsipkan cara membuat unit iklan Google Adsense sebagai peningat saya pribadi saja, atau mungkin masih ada publisher pemula yang membutuhkan tentang tutorial pembuatan iklan Adsense. Sebenarnya saya yakin jika para publisher Adsense 99% sudah mahir dalam membuat iklan. Namun tidak ada salahnya tetap saya buat artikelnya, barangkali ada pembaca blog yang masih status calon publisher Adsense.

Cara Membuat Unit Iklan Adsense untuk Blog via Dasbor Google Adsense :
1. Kunjungi/login Google Adsense ( https://www.google.com/adsense/login/in/?hl=in )
Setelah Anda berada di halaman Beranda, silakan klik "Iklan Saya", kemudian klik "Unit iklan baru"

Cara Membuat Iklan Google Adsense di Blog

2. Ketik Nama Iklan, Pilih Unit Iklan, Simpan Iklan dan Dapatkan Kode Iklan  Adsense
Cara Menyimpan dan Mendapatkan Kode Iklan Adsense
  • #1. Ketik nama iklan. Berilah nama iklan yang akan Anda buat dengan nama yang mudah diingat, sebaiknya beri nama yang mengandung nama blog yang akan dipasangi iklan tersebut. Hal ini akan memudahkan Anda mengecek jenis iklan mana yang lebih berpotensi mendatangkan klik dan penghasilan tinggi. Pada contoh di atas, saya membuat iklan untuk dipasang kodenya di Infocarabisnis.com di bagian atas artikel. Adapun prakteknya nanti bisa saya pasang tepat di atas artikel, atas judul artikel, sebelah kiri/samping kiri atas artikel, maupun di samping kanan atas artikel. Mungkin juga tak pasang di sidebar kanan atas.
  • #2. Pilih unit iklan. Dalam memilih unit iklan sebaiknya sesuaikan dengan kebutuhan kita dan sesuaikan dengan template blog kita. Pada contoh, saya membuat iklan ukuran 336 x 280, karena sasaran saya adalah penempatan iklan di atas artikel atau paroh atas halaman blog. Sebenarnya kita bebas memilih jenis iklan yang tepat untuk dipasang di atas artikel. Namun kali ini saya pilih ukuran tersebut, di lain waktu sangat mungkin saya mengganti dengan iklan responsif maupun iklan 300 x 250 jika memang saya memerlukan eksperimen dengan jenis iklan lain.
  • #3. Simpan dan dapatkan kode. Langkah terakhir pembuatan iklan Adsense yaitu menyimpan iklan untuk mendapatkan kodenya, silakan Anda mengeklik " Simpan dan dapatkan kode"
Sahabat, dengan 3 langkah seperti di atas, kita sudah dapat berhasil menyimpan dan mendapatkan kode Adsense dengan gaya iklan default Adsense. Anda bisa langsung mengkopi kode iklannya, kemudian pasang/terpakan di blog Anda.

Kapan menggunakan iklan dengan gaya default?
  • jika kita punya blog lebih dari 1 dengan template yang berbeda, namun ga pengin repot membuat banyak gaya iklan
  •  jika hanya punya 1 blog dan belum berminat untuk mencoba menggunakan gaya iklan variatif
  • jika Anda belum hobi melakukan eksperimen dengan berbagai gaya iklan dalam rangka meningkatkan penghasilan Adsense
Jadi ada dua pilihan dalam pembuatan gaya iklan yakni default dan gaya iklan variasi. Adapun gaya iklan variasi sangat banyak kombinasinya, sesuai dengan selera dan kreatifitas Anda.

Bagaimana cara membuat iklan Adsense lengkap dengan gaya iklannya?

Sahabat, jika Anda mengelola blog lebih dari satu dengan template yang berbeda-beda maupun warna latar belakang blognya berbeda pula, selain memakai iklan default Adsense, Anda juga bisa membuat gaya iklan yang disesuaikan dengan template blog Anda.

Pada dasarnya cara membuat iklan Adsense langsung komplit dengan gaya iklan variasinya itu sama dengan membuat iklan Adsense gaya default. Namun Anda jangan dulu mengeklik "simpan dan dapatkan kode" sebelum psroses pembuatan gaya iklan non default selesai.

1. Misalnya kita akan membuat Gaya Iklan Adsense Warna-warni, maka klik lah tepat pada bagian kotak gaya iklan warna-warni, keudian simpan gaya iklan.

Gaya Iklan Google Adsense


2. Jika Anda ingin mendapatkan gaya iklan sesuai yang tersedia di Adsense, dalam hal ini gaya iklan warna-warni, maka setelah gaya tersimpan, langsung saja klik "simpan dan dapatkan kode".

mengedit gaya iklan adsense

3. Perhatikan screenshot/gambar di atas, klik "Salin dan edit" jika Anda ingin mendapatkan gaya iklan sesuai warna yang Anda sukai.

Gaya Iklan Google Adsense
  • ketik nama gaya iklan
  • edit kode warna garis batas
  • edit kode warna judul
  • edit kode warna latar
  • edit kode warna teks
  • edit kode warna URL
  • Pilih kumpulan font
  • tentukan ukuran font

Anda juga boleh mengedit 1 atau beberapa kode warna saja sesuai keinginan, setelah Anda mantap dengan warna yang Anda pilih, silakan klik "simpan dan dapatkan kode"

gaya iklan adsense

4. Unit Iklan dan Gaya Iklan Berhasil Dibuat
kode iklan adsense

5. Setelah kode iklan berhasil dibuat, silakan copy kode iklannya, kemudian pasang/terapkan di blog Anda di bagian bawah header blog, sidebar, atas artikel, tengah artikel, bawah artikel, atau di bagian mana pun sesuai keinginan Anda. Untuk iklan ukuran 336 x 280 sangat baik jika dipasang di atas atau bawah artikel, silakan sesuaikan dengan template blog yang Anda gunakan.

Terapkan Kode Adsense

Demikian sekilas tentang Cara Membuat Iklan Google Adsense di Blog. Semoga bermanfaat

Back To Top