Bisnise

Info Seputar Bisnis dan Kerja

05/09/15

Cara Bisnis Online via Facebook

Cara Mendapatkan Uang dari Facebook- Cara Bisnis Online di Internet via Facebook-Sahabat Blog Cara Bisnis, Facebook adalah sebuah layanan jejaring sosial yang diluncurkan pada bulan Februari 2004, dimiliki dan dioperasikan oleh Facebook, Inc. ( Baca selengkapnya tentang fb di Wikipedia )

Jejaring sosial Facebook merilis laporan kuartal pertama 2015 pekan pertama bulan Maret yang mencatat 1,44 miliar pengguna aktif di seluruh dunia per bulannya. Ini 50 juta lebih banyak daripada perkiraan populasi China, 188 juta lebih banyak dari populasi India dan hampir enam kali lipat jumlah penduduk Indonesia.

Facebook juga melaporkan jumlah pengguna aktif per bulannya yang mengakses via piranti mobile meningkat 24 persen dalam setahun terakhir, menjadi 1,25 miliar pengguna pada Maret 2015.
( Sumber: Pikiran Rakyat Online )

Kemungkinan besar jumlah pengguna facebook akan terus bertambah walaupun sekarang banyak sekali jenis jejaring sosial baru. Karena dari pihak pendiri dan pengelola facebook juga selalu menambah dan meningkatkan fitur-fiturnya yang semakin hari semakin bagus sehingga hal ini menambah daya tarik tersendiri bagi pengguna dan calon penggunanya.

Pada bulan Maret 2015, We Are Social, sebuah agensi marketing sosial melaporkan bahwa pengguna website, mobile, dan media sosial mengalami perkembangan. Berikut ini perkembangan dunia digital di Indonesia :
  • lebih dari 72.700.000 pengguna internet yang aktif
  • lebih dari 74.000.000 pengguna aktif media sosial, di mana 64 juta penggunanya mengakses menggunakan perangkat mobile
  • lebih dari 308.000.000 pengguna HP
Dari laporan tersebut pengguna media sosial di Indonesia jumlahnya meningkat sebesar 19% , sedangkan pengguna yang mengakses dari perangkat mobile meningkat 23 persen. Pengguna ponsel tidak terjadi peningkatan yang tetap sama dengan di awal bulan  Maret sebesar 9 persen. Untuk pengguna ponsel aktivitas yang banyak dari penggunaan sosial media aplikasi, pemutar video online, mobile banking, permainan online, dan pencarian lokasi.

Dari laporan tersebut, di Indonesia Facebook masih menjadi media sosial yang paling banyak digunakan, setelah Twitter, Google+, Linkedin, Instagram dan Pinterest. Kemudian WhatsApp menjadi aplikasi chatting yang paling digemari penduduk tanah air setelah Facebook Messenger, Skype dan Line. ( Sumber : jarvis-store com )

Sahabat, kiranya lengkap sudah keterangan tentang facebook yang saya kutip dari berbagai sumber seperti di atas. Pertanyaan saya, apakah teman-teman sudah menggunakan fasilitas media sosial dalam hal ini facebook sebagai alat untuk mengiklankan bisnis sobat?, jika sudah ya saya ucapkan selamat  dan semoga bisnis online di facebook sobat semakin sukses.

Bagi teman-teman yang saat ini belum punya akun facebook ( he he rasanya kok kemungkinannya sangat kecil jika pada jaman sekarang belum punya akun facebook ) silahkan daftar facebook. Jika sobat sudah terbiasa atau aktif di fb dan mempunyai bisnis, silakan iklankan bisnis sobat di facebook. Dan jika sobat sudah aktif di facebok tetapi belum memiliki rencana untuk memanfaatkan fb sebagai media bisnis online, maka sebaiknya sobat merencanakan untuk bisnis dengan cara menggunakan fasilitas media sosial yang banyak sekali penggunanya ini.

Sahabat, mengapa saya menyarankan teman-teman agar bisnis di facebook?, jawabannya : ya daripada waktu kita berlama-lama online di fb dalam mencari hiburan atau juga curhat tentang permasalahan teman-teman kan tidak ada salahnya jika sobat memanfaatkannya juga sebagai media bisnis. Siapa tau sobat dapat berhasil bisnisnya sehingga bisa untuk menambah penghasilan.

Bagaimana Cara Bisnis Online di Facebook ?. Mengenai produk/jasa apa saja yang dapat kita bisniskan di facebook tentunya semua jenis barang/jasa dapat kita promosikan lewat fb. Hal yang dibahas di sini adalah cara bisnis online di facebook agar sukses, yang antara lain sebagai berikut:

1. Buatlah iklan yang kiranya menarik, kemudian postingkan di status facebook

Hal yang penting diperhatikan jika sobat mengeposkan iklan bisnis online di status facebook adalah tentang jarak antara postingan satu dengan pos berikutnya karena tentunya teman-teman facebook sobat tidak semuanya suka dengan bisnis sehingga jika kita terlalu banyak status yang memuat iklan maka kita akan dibenci oleh teman fb. Jadi untuk cara ini sebaiknya sobat cukup melakukannya 2 kali dalam seminggu.

2. Iklankan produk/jasa sobat di grup facebook

Apakah sobat sudah pernah membuat grup di facebook, jika belum silakan buat grup di https://www.facebook.com/addgroup. Membuat grup facebook merupakan cara yang baik untuk meningkatan penghasilan bisnis online kita. Langkah-langkah yang perlu diperhatikan dalam membuat grup facebook antara lain :
  • tentukan nama grup yang sesuai dengan nama produk/jasa sobat. Misalnnya produk sobat adalah pakaian, maka nama grupnya bisa "Jual Pakaian Murah", atau bisa juga kita membuat grup yang sifatnya umum seperti "Pasang Iklan Gratis", "Bisnis Online Terpercaya", "Gudangnya Bisnis Online", dan lain sebagainya, yang intinya nama grup kita menarik bagi para pengguna facebook baik target konsumen maupun untuk mencari relasi/anggota grup yang sama-sama suka dengan bisnis.
  • pilih dan masukkan teman fb kita yang kiranya tidak keberatan jika kita masukkan ke dalam grup. Sebaiknya sebelum memasukkannya, kita ijin dulu ke mereka, atau bisa juga masukkan dulu baru minta ijin, dengan catatan jika mereka keberatan maka segera keluarkan dari grup.
  • segera disetujui/dikonfirmasi jika ada pengguna facebook yang minta gabung ke grup karena jika kita terlalu lama dalam mengkonfirmasi maka bisa jadi pengguna fb tersebut membatalkan keingininnya dalam bergabung.
  • aturlah setelan grup menjadi grup terbuka/umum/publik, sebaiknya atur juga stelan biasa artinya tidak usah pakai moderasi segala jika ada anggota grup yang mengirim/membuat status di grup.
  • jangan membuat aturan grup yang menyulitkan anggota
  • ramah lah kepada semua anggota grup dengan cara mengomentari status mereka.
Cara Bisnis Online via Facebook
Contoh Grup Facebook
Sumber Gambar : Facebook

Cara bisnis online di facebook yang paling efektif dan efisien adalah lewat grup karena di grup facebook kita dapat menjangkau lebih dari puluhan ribu anggotanya. Jika hanya mengandalkan pertemanan itu sangat terbatas karena kita dibatasi mempunyai teman sebanyak 5.000 orang.

Jika masalah berapa jumlah maksimal anggota grup fb, saya sudah mencari sumber yang valid akan tetapi sampai tulisan ini ditulis saya belum menemukannya, yang jelas bisa sampai ratusan ribu anggota, terbukti grup "Indahnya Dunia Facebook" saat itu sudah sampai 237.780 anggota, pokoknya banyak lah, he he.

Kemudian saya juga sudah mencari tahu tentang jumlah maksimal dalam kita membuat grup, saya menemukannya ada yang menyebutnya jumlah maksimalnya 300 grup. Selanjutnya, untuk jumlah grup yang dapat kita ikuti/bergabung ada yang menyebutkannya jumlah maksimal kita mengikuti sebagai anggota grup sebanyak 6.000 grup.

3. Mempromosikan produk/jasa di halaman facebook/fans page fb

Halaman facebook juga baik untuk dimanfaatkan sebagai media iklan bisnis online kita. Jika sobat belum membuatnya, silakan Buat Halaman Facebook. Jika sobat dapat memanfaatkan secara bagus, maka dengan fans page fb juga dapat meningkatkan bisnis online di facebook sobat. Adapun pengikut/orang yang menyukai halaman fb kita sekarang pihak facebook sudah membatasi, yakni dengan jumlah maksimal 500 klik suka pengguna fb. Jika kita ingin lebih dari jumlah 500 klik suka/pengikut maka harus mendaftar dan membayar yang selanjutnya menjadi halaman facebook yang iklannya bersponsor.

4. Gunakan fitur pesan inbok facebook

Jika kita sudah beriklan melalui status, grup, atau fans page fb dan iklan tersebut mendapat tanggapan positif melalui komentar mereka lewat komentar di status/grup/halaman fb, langkah selanjutnya yaitu gunkan fitur inbok facebook agar pembicaraan/penjelasan produk/transaksi lebih oke.

Sahabat, demikian tentang Cara Bisnis Online via Facebook. Semoga bisnis yang teman-teman jalankan dapat sukses.

0 Komentar Cara Bisnis Online via Facebook

Posting Komentar

Back To Top