Bisnise

Info Seputar Bisnis dan Kerja

14/05/17

Peluang Usaha Distributor Plastik

Peluang Usaha Distributor Plastik- Halo Juragan, ngomong tentang usaha memang kadang kita sampai muter-muter di alam imajinasi untuk menemukan usaha apa yang kiranya cocok buat kita. Cocok jenis usahanya dan juga cocok atau sesuai dengan kemampuan modal kita.
Peluang Usaha Distributor Plastik
Bagi Juragan yang cukup akan modal mungkin tidak pusing dengan urusan permodalan, akan tetapi bisa juga masih bingung menentukan usaha yang tepat. Waw mulai sekarang tidak usah bingung-bingung ya Juragan, soalnya banyak sekali peluang usaha yang bagus untuk dijalankan, silahkan cari di mbah google pasti banyak info tentang peluang usaha. Nah di sini saya akan berbagi salah satu peluang yang cukup menjanjikan yakni usaha menjadi distributor plastik, tidak perlu langsung dengan modal banyak, dikit demi sedikit dari mulai jadi sales keliling ke warung-warung/toko sampai nantinya menjadi distributor di daerah Juragan. Untuk lebih jelasnya, silakan simak tips dalam menjual plastik atau produk lainnya sebagai berikut :

1. Cara Menentukan Objek Pasar
kira-kira pasar seperti apa yang akan dituju?
- Apakah pasar industri?
- Apakah pasar konveksi/garment?
- Apakah pasar rumah makan, kafe atau hotel?

2.  Cara Memilih Jenis Produk ( dalam hal ini produk plastik )

Jika pasar yang dituju telah ditetapkan maka kebutuhan produk bisa diketahui, antara lain:

- Jenis produk plastik yang biasa diperlukan oleh pasar industri berskala besar adalah : plastik PP, plastik PE, plastik HDPE, plastik bubble sheet, plastik foam sheet, tali rafia, dan plastik PVC.
- Jenis produk plastik yang biasa diperlukan oleh konveksi/garment adalah : plastik polybag jenis OPP, PP, PE, dan HDPE (shopping bag).
- Sedangkan jenis produk plastik yang biasa diperlukan oleh pasar kafe/restoran/hotel adalah : perlengkapan dapur untuk pelanggan seperti tissue, plastik HDPE anti panas, plastik shopping bag, tusuk gigi, sumpit, plastik sampah, dll.
- Atau untuk keperluan umum/industri lainnya adalah gabungan dari pasar industri yang telah kami sebutkan diatas.

3. Prospek


- Produk plastik merupakan produk yang paling banyak dicari dan dibutuhkan oleh masyarakat.
- Produk plastik relatif tidak ada masa kadaluarsa, kecuali plastik tersebut terkena sinar matahari atau terkena air hujan sehingga menyebabkan plastik tersebut menjadi berubah warna dan lengket.
- Prospeknya dianggap menjanjikan dan baik.

4. Budget


- Diperlukan tempat untuk berjualan, seperti counter/kios/gudang/perizinan. Selain itu juga dibutuhkan rak (untuk menaruh plastik), kursi, meja, dll.
- Pembelian produk meliputi : produk yang cepat laku (fast moving product) maupun produk yang lebih lambat lakunya (slow moving product).
- Perlu perhitungan untuk pembelian produk yang cash/transfer, kredit 1-4 minggu atau pembelian secara grosir dan eceran, karena kalau pembelian secara grosir biasanya lebih murah.
- Budget yang diperlukan berkisar antara Rp. 30.000.000,- s/d Rp. 75.000.000,-.

5. Lokasi

- Tempat yang banyak dilalui masyarakat, seperti : pasar, pusat pertokoan seperti trademall.
- Tersedianya fasilitas parkir dan keamanan berbelanja yang memadai.
- Tersedianya transportasi umum yang memudahkan calon pembeli untuk mendatangi tempat usaha anda.

6. Harga

- Untuk mendapatkan harga yang baik dan murah (bersaing).

- Perlu memperhatikan kurs dollar dan harga minyak dunia, karena plastik terbuat dari bahan pertambangan dan harga beli bahan plastik biasanya dihitung dalam mata uang dollar.

- Membeli produk dari beberapa pabrikan dan distributor supaya mendapatkan produk dan harga yang baik.

- Dalam menjual kepada calon pembeli, berikan pelayanan dan harga yang baik sehingga kita bisa mendapatkan seorang pembeli yang akan menjadi seorang pelanggan (repeat order).

Jika analisa telah dilakukan meliputi 6 hal diatas, jangan lupa juga untuk berdoa meminta restu dari Tuhan. Setelah Bapak/Ibu siap membuka toko dan sudah membuat :

- Kartu nama dan papan nama toko supaya customer bisa mengetahuinya.
- Rak dan display yang baik untuk menarik perhatian customer.
- Evaluasi secara rutin tentang persedian stock barang baik yang fast maupaun slow moving product untuk mengetahui kebutuhan pelanggan.
-dan jangan lupa berusaha untuk memberikan pelayanana yang baik dan  tulus.
Yang terakhir adalah Bapak/Ibu  harus tabah dan sabar dalam berusaha plastik, yang penting adalah konsistensi dalam menjalankan bisnis plastik dan selalu ingat bahwa bisnis apapun selalu memiliki resiko.

Demikian tips dari PD Menara Plastik, SELAMAT MEMULAI USAHA DAN SUKSES UNTUK ANDA ! Sumber : 
http://www.distributorplastik.com/belajar-plastik/artikel/Page-10.html
Bagi Juragan yang minat menjadi Distributor Plastik, bisa cari peluang di mbah google, atau bisa juga cari infonya di Lowongan Distributor Plastik.
Demikian tentang Peluang Menjadi distributor Plasik. Semoga sukses
Back To Top